ASK
ME

REGISTER
NOW

Buku Panduan Penyelenggaraan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kurikulum 2021 Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

6/3/2022 12:00:00 AM

 

Penulis :

Justinus Budi Santoso, Nani I.R. Nurrachman Sutoyo, Rocky, Made Syanesti Adishesa, Margaretha Purwanti, Christiany Suwartono ,Immanuel Yosua, Indro Adinugroho, Theresia Indira Shanti, Harini Tunjungsari

 

Sinopsis

Kebijakan mengenai Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020, membuat mahasiswa memiliki hak memilih bentuk pembelajaran di luar mata kuliah Program Studinya masing-masing. Penyelenggaraan bentuk-bentuk pembelajaran MBKM di Program Studi S-1 Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FPUAJ) menjadi suatu keniscayaan. Penyelenggaraan MBKM di Program Studi S-1 FPUAJ bukan semata-mata pemenuhan tuntutan Permendikbud, melainkan memperhatikan kesesuaian dengan profil lulusan yang hendak dihasilkan oleh Program Studi ini. Beberapa elemen penting dalam profil lulusan Program Studi S-1 FPUAJ seperti kemampuan menerapkan konsep-konsep yang dipelajari di perkuliahan, adaptif, terampil berinteraksi sosial, serta mampu membantu pemecahan masalah di dunia nyata menjadi hal-hal yang akan sangat terbantu pencapaiannya dengan adanya pengalaman berkegiatan di luar lingkup kampus, menghadapi kondisi yang tidak selalu dapat diprediksi, berinteraksi dengan individu-individu dari berbagai latar belakang, dan menghadapi permasalahan riil di lapangan.

 

Kurikulum 2021-MBKM yang disusun dan diterapkan di Program Studi S-1 FPUAJ sejak tahun ajaran 2021/2022 merupakan jawaban untuk tantangan-tantangan tersebut. Pemahaman terhadap konsep MBKM menjadi sangat penting diketahui oleh segenap sivitas akademika. Guna membantu para pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan MBKM, diperlukan suatu panduan dalam bentuk yang ringkas dan mudah dicerna. Buku Panduan ini dapat dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu landasan dari penyelenggaran MBKM, dan sistem MBKM itu sendiri. Buku Panduan ini merupakan operasionalisasi dari Kurikulum 2021-MBKM, sehingga seluruh isi di dalamnya mengacu pada kurikulum tersebut. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya penyesuaian terhadap Buku Panduan ini untuk membuat penyelenggaraan MBKM menjadi lebih efektif dan efisien. Buku ini ditujukan bagi setiap pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan MBKM di Program Studi S-1 FPUAJ.

 

FPUAJ sendiri telah menerapkan program MBKM yang melibatkan mitra Perguruan Tinggi, Dunia Usaha Dunia Industri, maupun komunitas masyarakat. Dalam pelaksanaannya telah terjadi banyak proses pembelajaran bagi semua pihak yang terlibat, baik itu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan terutama para pejabat struktural di tingkat Fakultas maupun Universitas. Namun, menilik sifat program MBKM itu sendiri, yang memang dirancang untuk terus berkembang, maka tentunya tetap perlu untuk melakukan evaluasi secara berkesinambungan dan juga menggali data dari lapangan untuk terus menyempurnakan pelaksanaan program MBKM ini. Dengan adanya buku panduan ini, diharapkan penyelenggaraan MBKM di Program Studi S-1 FPUAJ dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

 

 

 

Salam,

Yohannes Alfandhono Destarianto, SE

UPT Penerbit ATMA JAYA

 

Info pemesanan buku bisa menghubungi nomor telepone dibawah

 

Jl. Jend. Sudirman Kav. 51

Jakarta 12930

telp. 021 - 5703306 psw. 631

Email : yohanes.alfandhono@atmajaya.ac.id

HP      : 0857 0900 4446 (Tlp/Sms/Wa)

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285709004446