ASK
ME

REGISTER
NOW

Unika Atma Jaya khususnya Fakultas Teknik Siap Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar dan Ujian Online

03/16/2020 00:00:00

Dengan meningkatnya penyebaran virus korona dan himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja melahirkan kebijakan belajar daring bagi banyak institusi termasuk Perguruan Tinggi.   Untuk Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah 3 saja tercatat 312 lembaga yang melalukan program ini.  Unika Atma Jaya sendiri  sejak 16 Maret 2020 sudah mengarahkan pembelajaran daring.  Bahkan Ujian Tengah Semester yang sedang berlangsung sejak 23 Maret .sd 4 April 2020 juga diarahkan pada tes online, take home test ataupun project base yang membuat mahasiswa tidak perlu datang ke kampus. 

 

Program pembelajaran daring sendiri sudah jauh disiapkan sebelum bencana ini.  “Kami memiliki kerja sama ekslusif dengan Microsoft.  Semua mahasiswa, dosen dan tenaga Pendidikan memiliki fasilitas office365 gratis yang dapat mereka unduh pada tiga gawai mereka yaitu telepon seluler, laptop dan tablet,” ujar wakil rektor bidang riset dan kerja sama Elisabeth Rukmini, Ph.D.  Bukan hanya platform belajar online, tetapi akses ke perpustakaan dan jurnal online internasional dan bantuan aplikasi menulis Bahasa Inggris, Grammarly dapat mahasiswa akses dari mana saja.

 

Seperti yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa, “pembelajaran daring bukan hal yang baru buat saya dan teman-teman, kami sudah pakai lama.  Dosen suka kasih tugas dan quiz melalui e-learning. Enaknya sih, aplikasinya mobile friendly dan kita punya fasilitas penyimpanan data di onedrive sampai dengan 3 Tera.  Jadinya benar-benar bantu selama proses kuliah.”

Microsoft teams bukan satu-satunya fasilitas belajar daring  yang dimiliki oleh Unika Atma Jaya.   Ada pilihan metode lain bagi dosen dan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran online seperti Learning management system model (LSM) Moodle, AtmaZeds dan PANOPTO.  PANOPTO suatu platform untuk streaming atau untuk recording video teaching sekaligus juga untuk menggunakan bersamaan dengan presentasi slides ataupun resources lainnya secara daring.   Atmazeds merupakan platform pembelajaran massive open online courses (MOOC) yang dapat diakses bukan hanya oleh mahasiswa UAJ bahkan oleh masyarakat umum.  Bahkan platform ini sudah dalam format mobile application.   Saat ini sudah tersedia lima lima puluh progam online courses terkait data science, Internet of Things (IOT), Artificial Intellegence, Ilmu Kedokteran, Psikologi terkait anak berkebutuhan khusus, Ekonomi dan Komunikasi Sains Fakultas Teknobiologi.    Program Atmazeds didukung oleh Microsoft dan Partners: Unzypt dan Cloudswyft. Di dalamnya termasuk tersedianya virtual lab bagi mahasiswa SI yang mengambil data science. "platfom Ini sebagai komitmen kami dalam mengembangkan future skills bagi mahasiswa dan komunitas.” Ujar Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A.Prasetyantoko.

 

Teknologi, Mutu dan Kreativitas Pembelajaran

  

KBM menggunakan metode daring menuntut dosen dan mahasiswa yang kreatif. Misalnya, pengajar dapat memanfaatkan pola konferensi atau pertemuan daring sehingga kehadiran dan aktif/tidaknya mahasiswa mudah terpantau. Contoh lain, dosen membuat video berisi penjelasan demo materi kuliah, lalu diunggah di sistem pembelajaran daring.  Mahasiswa membuat tugas dalam format video, kampanye media sosial, website dan format lainnya.  Ini merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk belajar memecahkan masalah melalui teknologi dan memecahkan masalah jarak dan komunikasi tatap muka.

 

”Kami evaluasi pelaksanaan KBM daring. Bahkan kami sudah menginisiasi evaluasi mutu untuk standar pembelajaran Blended Learning melalui workshop bersama tim ASEAN Quality Assurance pada 2018 lalu.  Kami sadar adopsi teknologi tidak dapat dihindarkan dan bagaimana memantau proses pembelajaran dengan teknologi penting untuk dibuatkan standarnya bukan hanya untuk kami tapi untuk Indonesia sendiri, ujar Elisabeth Rukmini.