ASK
ME

REGISTER
NOW

Observasi dan Need Assessment Daerah Mitra Baru Desa Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga Tangerang Banten

1/28/2014 12:00:00 AM


Pelaksanaan Observasi dan Need Assessment Daerah Mitra Baru Desa Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga Tangerang – Banten pada 23 Agustus, 3 September 2013, dan 8 Oktober 2013 dengan tim pelaksana: Dr. Heru Prasadja, Drs. Suharsono., M.Si., Eliyah, S.Sos., M.M., Dr. Rory. A. Hutagalung, Dr. Dhevy Setya Wibawa, Herman Yosep Sutarno, S.Pd., Yohanes Whidi Nugroho, SE., Isniono Syabani, Laban Eka Jaya, dan Hardono.

Latar Belakang Kegiatan

Pusat Pemberdayaan masyarakat (PPM) sebagai unit pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat memiliki tanggungjawab untuk membina relasi dengan daerah/kelompok mitra sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Selama ini pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat telah dilakukan di tiga daerah/kelompok mitra yaitu Kampung Sawah – Bekasi, Desa Pantai Harapan Jaya – Bekasi, dan Cisauk – Tangerang.

Guna menjawab isu strategis Rencana Operasional dan Anggaran (ROA) PPM tahun 2013 yaitu untuk peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat di daerah mitra maka perlu dilakukan observasi ke daerah-daerah lain yang mempunyai potensi diluar daerah mitra yang telah ada untuk dijadikan mitra baru Pusat Pemberdayaan Masyarakat Unika Atma Jaya.
Khusus pada tahun 2013 ini, Desa Pantai Tanjung Pasir menjadi daerah mitra baru sebagai tempat kegiatan pengabdian masyarakat.


Tujuan
Tujuan Observasi & Need assessment  daerah mitra baru :

a. Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan atau kebutuhan masyarakat/ kelompok mitra dengan melakukan pembicaraan               

    bersama tokoh-tokoh masyarakat/kelompok mitra desa Pantai Tanjung Pasir – Tangerang.
b. Mencari data-data atau potensi-potensi desa yang dapat dikembangkan bersama-sama antara PPM Unika Atma Jaya dengan

    masyarakat/kelompok mitra desa Pantai Tanjung Pasir – Tangerang.


Output Yang dicapai

a.     Observasi & Need assessment Ke satu; (1) Terjalinnya  komunikasi dan relasi yang baik dengan masyarakat dan tokoh masyarakat desa Pantai Tanjung Pasir – Tangerang, (2) Menghasilkan jadwal, untuk kegiatan Observasi & Need Assessment 2.

b.     Observasi & Need Assessment Ke 2 ; (1) Dapat memetakan permasalahan-permasalahan, kebutuhan, dan potensi-potensi yang ada di desa Pantai Tanjung Pasir, (2) Memperoleh data-data demografis, membuat profil wilayah, dan data-data pendukung lainnya untuk mendukung kegiatan pengabdian masyarakat PPM Unika Atma Jaya.

c.     Diskusi Internal dan Eksternal Kegiatan Riil Pengabdian Masyarakat; (1) Menghasilkan suatu program kegiatan pengabdian masyarakat yang nyata sesuai potensi daerah/kelompok  mitra dan juga sesuai dengan kepakaran dan ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) di Unika Atma Jaya, (2) Mencari solusi atau jalan keluar secara bersama-sama dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ditemukan.



Hasil dari kegiatan ini melahirkan 2 program riil pengabdian masyarakat untuk masyarakat Desa Pantai Tanjung Pasir, yaitu pengabdian masyakat "Pemberdayaan Perempuan Dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Usaha Karajinan Kerang Skala Rumah Tangga" diadakan di Desa Pantai Tanjung Pasir Tangerang Banten, dan "Pengajaran Bahasa Inggris Sehari-hari Kepada Anggota POS TNI AL (POSAL) di Desa Pantai Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang-Banten"

 

(Laban Eka Jaya/PPM)