ASK
ME

REGISTER
NOW

MUSEUM ANATOMI DILIPUT ANTV

2/15/2018 12:00:00 AM

Ingin Tahu Banyak Tentang Organ Tubuh Kita? Yuk....Ke Museum Anatomi

 

www.antvklik.com -Manusia merupakan makhluk hidup yang terdiri atas organ-organ, jaringan-jaringan, dan sel-sel. Organ tubuh pada manusia adalah kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus dan masing-masing memiliki tugasnya sendiri yang saling berkaitan satu sama lain.

Nah bagi Anda yang ingin belajar, atau sekedar ingin tahu semua hal yang berkaitan dengan organ tubuh manusia, Anda bisa berkunjung ke Museum Anatomi Unika Atmajaya di Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya Pluit Jakarta Utara.

Museum Anatomi Unika Atma Jaya merupakan museum yang berlokasi di Pluit dan memiliki sekitar 150 koleksi organ tubuh manusia mulai dari otak, otot, hati, jantung, hingga tengkorak. Museum ini didirikan oleh dr. Liliana Sugiharto, lulusan angkatan pertama Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya pada 2 Juni 1995. Pendirian Museum ini terinspirasi dan didukung oleh Museum Anatomi Katholieke Universiteit Nijmegen, Belanda.

"Sekitar 25 tahun yang lalu, kita kesulitan untuk mendapatkan bahan praktikum anatomi tubuh manusia. Karenanya kita perlu memikirkan sarana lain," ungkap Dr. Liliana.

Meski awalnya dibangun untuk mempermudah mahasiswanya mempelajari anatomi manusia, Museum ini terbuka untuk umum. Dr. Lili beralasan, setiap orang harus tahu mengenai tubuhnya sendiri.

Museum Anatomi Unika Atmajaya telah direnovasi pada tahun 2014. Dr. Lili menjelaskan, renovasi dilakukan agar tampilan Museum bisa sesuai dengan perkembangan zaman.

"Jadi waktu direnovasi kami melengkapinya dengan IT, touch screen, kita melengkapinya dengan alat-alat yang sesuai dengan zaman now," ucap Dr. Lili.

Selain anatomi dan potongan-potongan organ tubuh, Museum yang telah mendapat penghargaan skala lokal hingga nasional ini juga dilengkapi dengan citra tubuh manusia dalam bentuk foto radiologi. Tujuannya, agar struktur anatomi manusia dapat dipelajari dalam keadaan hidup.

Tampilan Museum Anatomi Unika Atmajaya tampak modern. Suasananya cerah, dan jauh dari kesan horor. Belajar anatomi di museum ini semakin seru dengan beberapa video mengenai penjelasan sistem respirasi (pernafasan), sistem pencernaan, dan sistem reproduksi. Selain itu, museum ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti perpustakaan yang didominasi warna cerah dan berkesan santai.

"Memang dominan orang, karena orange adalah warna Atmajaya dan warna Belanda," terang Dr. Liliana.

Tertarik untuk mengunjungi Museum Anatomi? Datang saja langsung ke Gedung Clara Asisi lantai 2 FK Unika Atmajaya, jalan Pluit Raya No. 2 Jakarta Utara. Museum ini buka dari Senin hingga Jumat pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Laporan Alfia Sudarsono dan Achmad Junaedi dari Jakarta.

 

https://www.antvklik.com/news/museum-anatomi