ASK
ME

REGISTER
NOW

Peluncuran Future Digital Economy Lab Indosat Gandeng Unika Atma Jaya

3/18/2019 12:00:00 AM

Para pimpinan universitas yang menandatangani MoU dengan Pt. Indosat, Tbk

 

Jakarta, 18 Maret 2019 - Unika Atma Jaya (UAJ) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Indosat, Tbk. UAJ diwakili oleh Dr.A.Prasetyantoko selaku Rektor dan Indosat Ooredoo diwakili oleh Chris Kanter selaku Direktur Utama. Acara ini bersamaan dengan peluncuran Future Digital Economy Lab yang diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto di Kampus ITB Bandung.

 

Ruang lingkup kerja sama yang tercakup pada nota kesepahaman yaitu bidang penelitian, pengembangan dan inovasi teknologi informasi, inkubasi bisnis di bidang teknologi informasi, pendidikan, pelatihan dan pendampingan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan penyediaan fasilitas dan infrastruktur teknologi informasi. Tindak lanjut dari kerja sama ini adalah pendirian laboratorium internet of things (IoT) di Fakultas Teknik Unika Atma Jaya

 

Rektor Unika Atma Jaya Dr. Agustinus Prasetyantoko saat menandatangani MoU

 

“Kerja sama ini sejalan dengan visi UAJ khususnya Kampus 3 BSD yang terletak di pusat digital hub Indonesia sebagai Center for Human Development yang dipersiapkan sebagai talents pool bagi SDM Indonesia yang bukan hanya memiliki kompetensi bidang digital tetapi juga memiliki karakter kepedulian sosial,” ujar Rektor UAJ Dr.A.Prasetyantoko.

 

Indosat Ooredo Business menghadirkan Future Digital Economy Lab pertama di ITB bernama IoT Innovation and Future Digital Economy Lab yang diresmikan oleh Menteri Perindustrin RI, Airlangga Hartanto. Program ini dilanjutkan lewat kerja sama dengan Unika Atma Jaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Nahdlatul Utama Surabaya, Universitas Trilogi, STIE Perbanas, President University, Universitas Prasetya Mulya, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Udayana yang dapat menjadi sarana pembelajaran dan pengembangan talent digital berbasis awareness dengan cara learning by doing.

 

Future digital Economy diharapkan mampu menghasilkan ide inovasi, referensi desain produk dan solusi guna menjawab kasus-kasus Internet of Things (IoT) yang dapat dikembangkan dalam skala industri beragam kebutuhan baik itu pengembangan produk, layanan, manufaktur, marketing dan lain-lain. Selain itu, program-program pengembangan talent dan inkubasi future economy berbasis digital juga bisa dihasilkan di laboratorium ini. Wadah ini juga dapat menjadi tempat pengujuan beragam perangkat IoT dan sandbox untuk mendapatkan sertifikasi perangkat, menghasilkan intellectualproperty anak negeri, sertifikasi sumber daya serta tempat bertemunya produsen dan pengguna.

 

Rektor Unika Atma Jaya bersama Dr. Ir. Lukas, MAI, CISA, IPM (Kaprodi Magister Teknik Elektro ), Ir. Melisa Mulyadi, MT (Kaprodi Teknik Elektro), dan Annisa Sarah, St, MSc (Kepala Lab Telekomunikasi)