ASK
ME

REGISTER
NOW

Mahasiswa Fakultas Teknik KKN di Yogyakarta

7/16/2012 12:00:00 AM

            Mhs FT KKN di Yogyakarta Mhs FT KKN di Yogyakarta

Pada tahun 2012 ini Unika Atma Jaya melibatkan diri dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta. Pelaksanaan  KKN dikonsentrasikan di Kecamatan Cangkringan yang hingga saat ini masih berproses dalam recovery setelah terjadinya erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang lalu. Peserta KKN Unika Atma Jaya berjumlah 5 orang berasal dari Fakultas Teknik bergabung dan membaur kedalam kelompok-kelompok dari Universitas Sanata Dharma. Mahasiswa dari Unika Atma Jaya yaitu Theodorus Sonny Putra, Doni Susano, Albert Kasman, William, dan Johan Aditya Mikhael dimasukkan dalam kelompok yang berada di Pedukuhan Kopeng, Pager Jurang, dan Kepuh Desa Kepuharjo serta Pedukuhan Kalitengah Lor, dan Kalitengah Kidul Desa Glagaharjo.Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan di lokasi dari tanggal 4 Juli sampai tanggal 2 Agustus 2012. KKN merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Sinergitas juga dapat berkembang antar institusi dala interaksi selama proses.

Kegiatan di lokasi disusun berdasarkan kebutuhan Masyarakat yang disimpulkan dari hasil assessment meliputi bidang Pendidikan, Pertanian, Ekonomi, dan Sosial Budaya. Secara garis besar tujuan masing-masing bidang adalah sebagai berikut:

 

1. Bidang Pendidikan

    a. Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pendampingan anak usia pra-sekolah

    b. Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pendampingan anak usia sekolah

    c. Memberdayakan masyarakat dalam pemberantasan buta-huruf


2. Bidang Pertanian

     a. Memberdayakan potensi pertanian, perkebunan dan perikanan sebagai sumber daya ekonomi

     b. Memberdayakan potensi agrowisata sebagai sumber daya ekonomi

 

3. Bidang Ekonomi

    a. Memberdayakan potensi produk lokal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat

    b. Meningkatkan ketrampilan pengembangan produk lokal

    c. Meningkatkan daya saing produk lokal

 

4. Bidang Sosial Budaya

     a. Memberdayakan potensi sosial-budaya untuk recovery trauma psikologis pasca erupsi Merapi

     b. Memberdayakan organisasi kemasyarakatan

     c. Memberdayakan kaum muda

     d. Memberdayakan perempuan

             Mhs FT KKN di Yogyakarta Mhs FT KKN di Yogyakarta

Kedua Universitas berharap agar kerjasama yang sudah dirintis oleh Ibu Dra. Enny Widawati, MT sebagai Ketua Tim KKN FT Unika Atma Jaya dan Bapak G. Punto Aji., S.Pd., M.Hum sebagai Kepala PKKN/ Ketua Panitia KKN Universitas Sanata Dharma ini dapat menjadi benih untuk kerjasama dalam skala yang lebih luas.



***