ASK
ME

REGISTER
NOW

Menjanjikan Bidang Manajemen Energi

04/05/2011 00:00:00


Beruntunglah kamu yang berkesempatan mencicipi bangku kuliah. Apalagi jika bidangnya TI. Selain menimba ilmu dari para dosen, banyak peluang tersedia yang memungkinkan kamu mendapatkan pengalaman berharga sebelum lulus dan benar-benar terjun ke industri TI. 
  

 

Belakangan ini. vendor Tl seper-unya makin gencar berpro-mosi dan menciri bibic-bibit unggul di kampus-kampus. Bermacam aktrvitas diadakan. mulai dari menggelar pe-maihan semacam duta kampus hingga yang lebih permanen seperti membuat fasilitas training center. 

 

Microsoft misalnya, termasuk vendor Tl yang cukup konsisten menggandcng kaum mahasiswa untuk bcrgabung. Beberapa programnya sebut saja kompetisi Imagine Cup (http://imaginecup.com). Microsoft Student Partner (https:/www. microsoftstudentpartners.com), dan Microsoft Student Ambassador. Akhir tahun lalu,Apple melalui eStore juga mulai melirik kampus-kampus. dimulai dengan Yogyakarta.Apple Campus Store disebut-sebut akan dibuka di Universitas Islam Indonesia di kota tersebut. Sebelumnya. EMAX Apple Premium Reseller and Education Partner telah duluan membuka myCampus Apple Authorised Campus Store-nya yang pertama di Fakultas Ekonomi Ul—menyusul kemudian di ITB, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. dan UGM—diikuti dengan Apple Innovation Center.  

 

Nokia dan Forum Nokia juga per-nah menggandeng ITB dalam wadah yang bertajuk Mobile Inno Sphere Center. Melalui program ini berbagai materi pengembangan aplikasi meng-gunakan development kit berupaWeb Runtime (WRT) dan Qt pada mata kuliah Mobile Application Develop­ment diberikan kepada mahasiswa fakultas Teknik Elektro dan Informa-tika ITB untuk mendukung mereka mengembangkan inovasi di kancah perangkat mobile yang nantinya bisa dikomersialkan.Sementara Opera dan Sun Microsystems berinisiatif menggelar Opera Campus Crew (http://www.opera.com/company/edu-cation/campuscrew/) dan Sun Campus Ambassador untuk mendorong para mahasiswa menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang produk-produk mereka.

 

Training Center 

 

Nah, baru-baru ini. tepatnya (3/3) lalu. bentuk kerjasama lainnya.antara vendor Tl dan perguruan tinggi digelar di Jakarta. Schneider Electric (http:// www.schneider-electric.corn), spesialis global dalam pengelolaan energi, meresmikan fasilitas training center di Fakultas Teknik Elektro Unika Atma Jaya. Kerjasama ini disebut-sebut merupakan upaya sang vendor bersinergi dengan dunia pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga kerja siap pakai. Dan kabarnya. tidak sedikit alumni kampus ini yang bekerja di Schneider Electric.  

 

"Kami sudah lama menjalin kerjasama dengan Unika Atma Jaya. tepatnya pada tahun 2008 ketika menyelenggarakan Energy Efficiency Competition (lomba mahasiswa tingkat nasional untuk mengembang­kan ide kreatif mahasiswa yang terkait dengan efisiensi energi—Red). Dari situ.kami optimis membuka training center ini sebagai bagian dari rencana untuk kerjasama yang lebih konkret, supaya ada link-and-match antara perguruan tinggi dan industri. Karena produk yang dipakai sama dengan yang disediakan training center, di-harapkan lulusan baru nanti akan lebih siap pakai," ungkap Riyanto Mashan (Country President Schneider Electric Indonesia).  

 

Ya, fasilitas training center yang ada di Unika Atma Jaya menerapkan Industrial Automation yang dapat diaplikasikan di operas ion a I berbagai sektor seperti manufaktur dan fasilitas energi, dengan modul training seperti Programmable Automation Control,Variable Speed Drive. Human Magelis Interface (HMI).dan Sensor. Para peserta pelatihan juga akan mendapatkan praktik langsung dengan produk dan kasus yang umum terjadi di lingkungan kerja. Dengan paket lengkap ini.diharapkan para peserta yang lulus dengan memegang sertifikasi sudah langsung siap pakai untuk terjun di dunia kerja.  

 

"Dengan kerjasama ini.diharapkan kompetenst para lulusan Fakultas Teknik Elektro bisa memadai dan bcrsaing di industri mengingat kompetisi yang semakin ketat dan cepatnya perkembangan teknologi di luar," tutur Hadi Sutanto (Dekan Fakultas Teknik Unika Atma Jaya).  

 

Para dosen sekaligus akan menjadi trainer di training center ini. Dan pesertanya tidak harus berasal dan Fakultas Teknik Elektro, tapi boleh dari jurusan lainnya seperti Teknik Mesin dan Teknik Industri juga boleh. Bahkan, kalangan umum seperti perusahaan yang berminat memanfaatkan fasilitas di training center tersebut juga dipersilakan.  

 

"Nanti lulusannya akan mendapatkan sertifikasi dari Schneider Electric.Tentunya ada biaya yang dikenakan, tapi cukup terjangkau bagi kalangan mahasiswa." ujar Melisa Mulyadi (Ketua Fakultas Teknik Elektro Unika Atma Jaya).

 

Pilihan Karier 

 

Ngomong-ngomong soal sertifikasi, ada dua jenis yang ditawarkan oleh Schneider Electric. Yang pertama adalah sertifikasi SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition)—SCADA adalah sistem yang memonitor dan mengontrol proses, dan yang kedua sertifikasi PlantStruxure—meliputi subyek yang luas seperti jaringan dan arsitektur serta platform PLC dan SCADA.  

 

Di Indonesia. Schneider Electric telah nadir selama lebih dari 35 tahun. mempekerjakan 2500 karyawan, mengoperasikan 9 kantor, dan membuka 6 pabrik. Kualitas insinyur Indonesia disebut-sebut sangat membanggakan. terbukti negara kita menjadi lokasi South East Asia Solution Monitoring Center yang menaungi lebih dari 30 insinyur.  

 

Berminat bekerja untuk peru­sahaan pengelola energi semacam Schneider Electric? Ada banyak pilihan karier tersedia. Di bidang teknis misal-nya, pekerjaan yang tersedia meliputi Research & Development, Design, System architecture.Test & validation, dan subbidang Technical marketing dengan berbagai pilihan area seperti Electrical & electro-technical engi­neering, Electronics (digital, analogi­cal. power). Mechanic. Mechatronic. Software (embedded & web techno­logies), Energy performance. Automa­tion, dan Voice data image solutions. Sedangkan di bidang operasional, tersedia pilihan karier di bagian Logis­tic & Supply Chain, Purchasing. Plant management. Manufacturing, Methods & maintenance, Lean manufacturing. dan Quality- Selain itu. kamu juga bisa melirik bidang sales & marketing dan business support.

 

 

 

Naskah    : Keshie Hernitaningtyas /Tabloid PC Plus

 

Foto        : Yanuari Marwanto/M&PR

(Updated by ynr-m&pr/04/11)