ASK
ME

REGISTER
NOW

Memberdayakan Masyarakat Pondok Dua-Bekasi Lewat Pembuatan Krupuk

4/26/2012 12:00:00 AM



Masyarakat Pondok Dua, Pantai Harapan Jaya, Bekasi Utara, menyadari bahwa alam telah memberi kekayaan laut yang luar biasa. Namun, mereka juga menyadari belum dapat mengoptimalkan kekayaan tersebut. Karena itu selama hampir tiga hari, Sabtu-Senin (24-26/3), Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Fakultas Ekonomi (FE) Unika Atma Jaya mengadakan pelatihan pembuatan kerupuk udang/ikan untuk masyarakat di sana.

 

Pelatihan diadakan di kediaman seorang warga dan diikuti oleh 24 ibu dari Pondok Dua dan Penombo. Dalam pelatihan ini, tim mengundang Ibu Retno sebagai fasilitator pembuatan kerupuk. Peserta pelatihan dibagi dalam dua kelompok. Mereka tampak antusias dan senang mengikuti pelatihan. Selain praktek pembuatan kerupuk, peserta juga diberikan motivasi untuk membangkitkan semangat yang diberikan oleh Ibu Ima dengan berbagi pengalaman kesuksesannya dalam berbisnis.

 

Pada  hari terakhir, tiga dosen FE memberi wawasan keilmuan sebagai pendukung pelatihan, yaitu bagaimana menjadi wirausahawan, bagaimana menyusun catatan/laporan keuangan rugi/laba, serta apa dan bagaimana koperasi secara umum. Sesi terakhir pelatihan, diadakan diskusi dan presentasi kelompok. Kelompok dari Pondok Dua sepakat akan secara bergotong royong mulai membuat kerupuk pada dua minggu setelah pelatihan, sedangkan Kelompok Penombo akan memulai pada pascapanen (Mei 2012).Tim hanya dapat memberi ‘kail’. ‘Kail’ yang didukung niat yang baik tentu akan berbuah kebaikan pula.

 

 

Foto-foto kegiatan silakan dilihat di sini