ASK
ME

REGISTER
NOW

Serunya Berkunjung ke Ogilvy Indonesia

12/20/2018 00:00:00

Pada 15 November 2018 lalu, mahasiswa dari kelas Pengantar Komunikasi Korporasi seksi B beserta I Gusti Ngurah Adithya Utama, S.Sos, M.B selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut melaksanakan kunjungan ke Ogilvy Indonesia yang terletak di Gedung Sentral Senayan III. Ogilvy merupakan sebuah agensi periklanan yang bergerak dalam bidang pemberian jasa kreatif. Melalui kunjungan yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, Ogilvy memberikan banyak pengetahuan yang baru bagi kami.

 

Pada sesi pertama, kami diingatkan kembali mengenai pentingnya peran komunikasi dalam membangun brand awareness dan brand identity di masyarakat. Hal tersebut merupakan kerjaan yang dilakukan oleh profesi komunikasi di perusahaan, seperti corporate communication dan brand marketing. Umumnya seorang brand marketing memperkenalkan sebuah brand kepada publik melalui iklan, maka dari itu dibutuhkan bantuan dari ketiga yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Pihak ketiga  yang dimaksud adalah agensi periklanan, seperti Ogilvy.

 

 

Selanjutnya seorang corporate communication lebih menekankan tentang bagaimana perusahaan dapat menjadi top of mind di masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut, biasanya program CSR (Corporate Social Responsibility) menjadi cara yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk membangun komunikasi dengan publik. Selain itu, seorang corporate communication juga menjalin hubungan dengan pihak eskternal, seperti investor dan menyebarkan informasi serta data untuk menjangkau publik.

 

Untuk memfasilitasi kegiatan corporate communication tersebut, maka pada sesi ke dua yang dibawakan oleh Mba Putri, kami diberikan pemahaman mengenai media komunikasi. Penggunaan media sosial, seperti Instagram dan YouTube menjadi platform yang marak digunakan saat ini. Selain itu, beberapa perusahaan juga menggandeng influencer untuk turut mengkomunikasikan brand yang dimilikinya kepada masyarakat. Hal-hal tersebut dilakukan untuk membangun hubungan yang dekat antara brand dengan masyarakat, sehingga pada akhirnya dapat tercipta brand loyality.

 

Kunjungan ini membuat saya menjadi semakin menetapkan hati untuk bekerja dalam bidang media. Menurut saya, kegiatan seperti ini sangat efektif dan menyenangkan untuk mendapatkan pengetahuan yang baru dengan cara yang asik! (Carina Claudia, Ilmu Komunikasi 2017).