ASK
ME

REGISTER
NOW

Program Memanen Air Bersih untuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

3/24/2014 12:00:00 AM

 

 

Untuk mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya dan Rumah Sakit Atma Jaya kembali bekerjasama dengan CCFI (Coca Cola Foundation Indonesia) mengagas Program Water fo School. Program ini ditandai dengan pembangunan  fasilitas RWH (Rain Water Harvesting) di enam Sekolah Dasar, yakni SDN Pluit 03 dan 04, SDN Kapuk Muara 01 dan 02, serta SDN Penjaringan 01 dan 02.

 

Bertepatan dengan Hari Air Sedunia pada Sabtu, 22 Maret 2014 diselenggarakan serah terima fasilitas RWH dari Unika Atma Jaya dan CCFI kepada Pemerintah DKI Jakarta. Serah terima ini disaksikan oleh Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T. , Direktur Rumah Sakit Atma Jaya, dr. L. Irwan Susanto, dari pihak CCFI, Mr. Martin Gril, selaku Direktur CCFI, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaya Purnomo. 

 

Dalam acara serah terima yang diadakan di SDN Pluit 03 dan 04 ini, dr. L. Irwan Susanto menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur yang dimulai sejak akhir Oktober 2013 ini bertujuan supaya air hujan bisa disaring menjadi air bersih sebagai sarana pola hidup bersih dan sehat yang bermanfaat untuk siswa, guru dan masyarakat sekitar. Ahok juga menyampaikan dukungannya terhadap program Water for School ini dan beliau juga sangat mengapresiasi program Rain Water Harvesting dan Sekolah Sehat dalam rangka menunjang perilaku hidup bersih dan sehat yang digagas dan dikembangkan oleh drg. Liling Pudjilestari, DDPH.

 

Setelah acara serah terima dan penandatanganan nota kesepahaman antara Unika Atma Jaya, CCFI dan Pemda DKI Jakarta, Ahok, Prof. Lanny, Mr. Martin Gril, dan seluruh undangan mengitari SDN Pluit 03 dan 04  untuk melihat infrastruktur RWH di sekolah tersebut. Ahok sampai naik ke atas bak penampungan air untuk melihat langsung kondisi tempat penampungan air tersebut. Setelah melihat bak penampungan air hujan, Ahok-pun mencuci tangan dengan menggunakan air hasil tampungan RWH tersebut.

 

 

  

 

 

 

 

* Water for School merupakan program kerjasama antara Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya, RS Atma Jaya dan Coca Cola Foundation Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan akses sekolah terhadap air bersih khususnya memenuhi keperluan sanitasi dasar dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan dari warga sekolah. Program ini merupakan kombinasi antara pembangunan fisik yaitu sistem pemanfaatan air hujan melalui fasilitas Rain water Harvesting, prmbuatan tempat cuci tangan dan pembangunan non fisik berupa peningkatan kapasitas warga sekolah melalui kampanye penerapan Perilaku Hidup Bersih, Sehat dan Aktif.

 

Berita terkait:

 

Bantuan Fasilitas Air Bersih

 

Program Air Bersih untuk Sekolah 

 

Ahok Puji Swasta yang Dirikan Fasilitas Air Bersih di Sekolah

  

Program Air Bersih untuk Sekolah 

 

Panen Air Bersih dari Menadah Hujan Atap Sekolah 

 

16 Sekolah di Jakut Punya Fasilitas Pemanen Air Hujan

 

Ahok Tinjau Air Bersih di SDN Pluit