ASK
ME

REGISTER
NOW

Mari Menghemat Air!

3/22/2018 12:00:00 AM

Hari air sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret. Dalam memperingati hari air sedunia ini, kita diingatkan kembali untuk lebih menghargai sumber kekayaan alam yaitu air. Air merupakan salah satu sumber kehidupan, oleh karena itu ada baiknya mulai dari sekarang kita menjaga kualitas sumber daya air agar dapat terus terjaga kualitasnya. Sudah banyak gerakan untuk memperlihatkan kepedulian mengenai air, terutama air bersih. Mengingat sekarang ini di beberapa wilayah dunia mengalami krisis air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, bagaimana cara kita juga untuk membantu gerakan tersebut? Berikut terdapat lima cara yang dapat kita lakukan untuk lebih menjaga dan menghemat air: (AL)


1. Memakai air seperlunya.
Memakai air seperlunya merupakan cara untuk menghemat penggunaan air. Karena disisi lain penggunaan air tanah contohnya, jika terlalu sering disedot maka akan menimbulkan kerusakan dibawah tanah tersebut.

 


Memakai air dengan bijak dan seperlunya

 

2. Jangan lupa mematikan keran air.
Kebiasaan banyak orang adalah lupa untuk mematikan keran air dengan benar. Di wastafel bahkan di kamar mandi, membuat air terus menaglir dan terbuang sia-sia.

 


Mematikan keran air

 

3. Memakai sedikit detergen dalam proses pencucian barang atau pakaian.
Detergen merupakan limbah cair berupa bahan kimia yang sangat berbahaya bagi air. Selain itu penggunaan detergen yang banyak juga membuat pemakaian air menjadi lebih banyak untuk membilas.

 


Menggunakan sedikit detergen dalam proses pencucian barang atau pakaian

 

4. Menanam pohon.

Dengan menanam banyak pohon, maka akan membantu menjaga ketersediaan air.

 


Menanam pohon

 

5. Menyiapkan banyak lahan resapan air.
Perlunya lahan luas untuk resapan air sangat penting seperti biopori. Selain itu sebaiknya lahan kosong jangan di semen melainkan hanya di coonblock saja agar air masih dapat meresap langsung ke tanah.


Menyiapkan banyak lahan resapan air seperti membuat lubang biopori