ASK
ME

REGISTER
NOW

Lokakarya Bagi Guru Sekolah Dasar Mengenai "Pencegahan & Penanganan Kejahatan Seksual Terhadap Anak Sejak Dini" Di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang

8/5/2015 12:00:00 AM

Pada tanggal 28 dan 30 Juli 2015, PPM bekerjasama dengan UPT Pendidikan TK, SD, dan PNFI  Kecamatan Teluk Naga, dan Komnas Anak mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Lokakarya bagi guru Sekolah Dasar mengenai “Pencegahan & Penanganan Kejahatan Seksual Terhadap Anak Sejak Dini” di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang yang diadakan di SDN Kampung Melayu 03 Teluk Naga.

 

   
Kepala PPM dan Camat Teluk Naga                                                 Pembicara dari Komnas Anak

Target dalam lokakarya ini adalah;

  1. Guru mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kejahatan seksual pada anak sehingga memiliki sikap waspada dan tanggap terhadap tindak kejahatan seksual yang terjadi.
  2. Guru memperoleh informasi yang lengkap mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani kejahatan seksual pada anak, khususnya dari ranah Ilmu Psikologi, Komunikasi, Pendidikan dan Ilmu Hukum.
  3. Guru mengenal satu lembaga advokasi yang tugas dan pelayanannya fokus pada anak. Guru mendapatkan informasi mengenai metode pendidikan dengan pendekatan komunikasi dan psikologi untuk pencegahan dan penanganan kejahatan seksual terhadap anak.


   
Diskusi kelompok                                                                          Presentasi kelompok

Lokakarya dibuka oleh Camat Kecamatan Teluk Naga bapak Supriyadi, S.STP dan kepala PPM bapak Drs. Suharsono, M.Si. Acara tersebut juga dihadiri oleh kepala UPT Pendidikan TK, SD, dan PNFI ibu Dra. Hj. Sunarsih AD, M.Pd., Kasubag UPT Pendidikan bapak Obang Sobari, Ketua K3S bapak Suwanda, S.Pd., dan ketua PGRI Kecamatan Teluk Naga bapak Syaiful Bachri.

 

Lokakarya pada tanggal 28 Juli 2015 dihadiri oleh 36 guru dari 18 sekolah, sedangkan pada 30 Juli 2015 dihadiri oleh 48 guru dari 24 sekolah dasar negeri dan swasta di kecamatan Teluk Naga.  

 

Hadir sebagai pembicara dari Komnas Anak bapak Wilfun Afnan. Sedangkan narasumber dan fasilitator  pada lokakarya ini adalah; Dr. Dorien Kartikawangi, M.Si/FEB Prodi Komunikasi, Dr. Margaretha Purwanti, Psi. M. Si./Fakultas Psikologi, Albertus D Soge, S.H., M.Sc./Fakultas Hukum,  J.M. Henny Wiludjeng, S.H., M.H./Fakultas Hukum, Feronica, S.H., M.H./Fakultas Hukum, Ni Luh Ratih Maha Rani, S.Sos., M.A./FEB Prodi Komunikasi, dan Indri Anugraheni, M.Pd/FPB.

                       Peserta & Tim Pengabdian 28 Juli 2015

                             Peserta & Tim Pengabdian 30 Juli 2015

(Laban Eka Jaya/PPM)