ASK
ME

REGISTER
NOW

UNIKA ATMA JAYA CANANGKAN LIVE IN DOSEN DAN MAHASISWA DI MANGGARAI

3/3/2016 12:00:00 AM

 

 


Jakarta, 29 Februari 2016 – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) melalui Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mencanangkan program live in bagi dosen dan mahasiswa di wilayah Nunang, Kecamatan Werang, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Program yang bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat ini, sepakat untuk melakukan beberapa program pemberdayaan masyarakat.

 

 “Dalam rangka kerjasama pengabdian masyarakat dengan komunitas Titi Asa dan menindaklanjuti rencana kegiatan Live In mahasiswa. Maka, saya dan tim dari PPM berkunjung ke Manggarai untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait implementasi program. Kami sepakat untuk bekerjasama dalam berbagai aspek, seperti pemberdayaan guru-guru dalam teknik mengajar dan pengelolaan kelas, pelatihan yang bersifat motivasi seperti kewirausahaan dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, pelatihan manajemen keuangan desa untuk para perangkat desa, dan pemberdayaan dalam bentuk kegiatan yang dapat membantu warga agar mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan industri pariwisata di wilayah mereka. Selain itu, kami juga melakukan koordinasi dengan komunitas rohaniwan provinsial SVD Ruteng untuk rencana Kuliah Kerja Nyata Tematik tentang pelatihan teknisi sepeda motor di Borong,” jelas Suharsono, kepala PPM Unika Atma Jaya.  

    

Suharsono menambahkan kesepakatan itu adalah hasil dari koordinasi seperti dengan Ketua Komisi C dari DPRD Manggarai Barat di Labuan Bajo untuk memperoleh informasi tentang peluang kerjasama dalam program pelatihan dan pendidikan jarak jauh. Dari hasil pertemuan tersebut, mereka menyampaikan bahwa saat ini daerah Manggarai Barat diarahkan untuk menjadi wilayah tujuan wisata. Maka, sangat membutuhkan pemberdayaan masyarakat terutama yang berhubungan dengan persiapan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan industri pariwisata di wilayah masing-masing.

 

Selain itu, untuk membantu masyarakat yang mengalami masalah kekurangan air, tim nantinya bisa membantu masyarakat membangun penampungan air dan memberikan sarana untuk dapat mengalirkan air dari sumber mata air yang tersedia. “Apalagi, Unika Atma Jaya memiliki inovasi teknologi tepat guna bernama Rainwater Harvesting (RWH) atau Sistem Pemanenan Air Hujan untuk pengadaan air bersih. Maka, kami membuka kerjasama dengan siapa saja seperti foundation, untuk implementasi program RWH di Manggarai,” kata Suharsono.   

 

Program Live In untuk pemberdayaan ini disambut baik oleh seluruh komponen masyarakat, dan siap menerima serta membantu jika dosen dan mahasiswa datang untuk melakukan kegiatan live in.