ASK
ME

REGISTER
NOW

Workshop Menggali Potensi Desa dan Pengemasan Hasilnya di Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Nanggulan

8/3/2022 12:00:00 AM

Dalam rangka memberdayakan masyarakat desa, masih dalam rangkaian kegiatan MBKM Unika Atma Jaya, tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Pusat Pemberdayaan Masyarakat, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, dan Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Unika Atma Jaya mengadakan workshop menggali potensi desa dengan pendekatan Active Citizen (British Council 2014).

 

Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu wadah sekaligus tempat belajar yang menawarkan pengembangan diri dan terbuka terhadap semua ide-ide atau gagasan yang ingin dilakukan. Kegiatan Active Citizen ini akan memfasilitasi para warga aktif yang ingin melakukan maupun yang telah melakukan kegiatan positif di lingkungan mereka. Membaca potensi lingkungan desanya kemudian secara aktif menindaklanjuti dengan pembuatan narasi desa, berinteraksi dengan berbagai pihak dan kegiatan nyata lainnya yang dapat mendorong terciptanya desa yang membangun dan maju. Tujuan dicapai secara bertahap, sesuai dengan dinamika proses untuk menjawab masalah sosial, budaya maupun ekonomis.

 

Pelatihan dimulai tanggal 23 Juli sampai 26 Juli 2022 bertempat di Omah Mendut Magelang, Jawa Tengah. Dalam 1 hari pelatihan, fasilitator dan narasumber berkesempatan mengunjungi komunitar Cagar Urip di Samigaluh untuk melihat salah satu mata air yang dirawat oleh komunitas, dan ke desa Ngadiharjo untuk berbincang dengan Pak Kepala Dusun mengenai komunitas yang ada yang apa saja yang bisa dikembangkan dari potensi desa.