ASK
ME

REGISTER
NOW

Penyelenggaraan Colloquium Fakultas Teknik Bertemakan Nanomaterials for Sustainability

12/20/2017 00:00:00

Colloquium Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya mengambil tema “Nanomateralias for Sustainability” dilaksanakan di Ruang Rapat 05 Lantai 7 Kampus 3 Unika Atma Jaya BSD pada hari Rabu tanggal 20 Desember 2017.

 

Pembicara dari colloquium tersebut adalah Dr. Indrat Aria, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) serta meraih Postdoctoral Research Associate di Cambridge University. Beliau sekarang aktif menjadi Lecturer Manufacturing Surface Engineering and Nanotechnology Institute di Cranfield University. Pengalaman beliau dalam dunia teknik sudah teruji baik melalui risetnya dan pengalaman akademik beliau.

 

 

Tour laboratorium milik Fakultas Teknik Unika Atma Jaya dilakukan diawal rangkaian acara colloquium tersebut. Dr. Indrat Aria, memberikan suatu kesan kepada Lab. Fakultas Teknik sudah bagus dan up to date terhadap perkembangan jaman.

 

“Saya menyarankan bahwa fasilitas tersebut harus digunakan oleh mahasiswa sebagai riset terhadap masalah yang masih dipertanyakan (open question) serta menganalisisnya dan memberi solving problem,” komentar Dr. Indrat Aria ketika diwawancari oleh Tim Public Relations.

 

Mahasiswa tingkat strata satu harus dapat memecahkan suatu masalah melalui suatu hipotesis dan menguji hipotesis tersebut apakah terbukti atau tidak dan mempresentkan dan mengconvince hipotesis tersebut.

 

Dr. Indrat Aria melihat bahwa challenge dalam mengembangkan nanomaterial harus ada willingness. “Orang Indonesia itu hanya sebagai penyedia Raw Materials dan End User, bayangkan ketika Raw Materials sudah habis tergeruk maka haruslah terdapat willingness dalam membuat Nanomaterial sendiri oleh negara tersebut,” ujar lulusan ITB ketika ditanya soal pengembangan nanomaterial di Indonesia.