ASK
ME

REGISTER
NOW

KOLOKIUM TENTANG CITY IMAGE

04/22/2016 00:00:00

 

 

Sudah menjadi tradisi bahwa pada hari jum’at, minimal sebulan sekali diadakanlah kegiatan kolokium yang merupakan ajang tukar menukar pikiran antar para dosen Fiabikom Unika Atma Jaya. Kolokium yang diselenggarakan pada tanggal 22 April 2016 kali ini menampilkan presentasi dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Ibu Astuti Kusumawicitra dan Ibu Titis Puspitarini dari program studi Hospitality. Kolokium ini dimoderatori oleh Ibu Dorien Kartikawangi.

 

 

Hasil penelitian yang didiskusikan dalam kesempatan kali ini adalah tentang “Tourism Stakeholders Perception of City Image: Case Study: Jakarta”. Penelitian ini mencoba menyoroti bagaimana branding dari Jakarta sebagai sebuah kota dimata para wisatawan. Khususnya branding Jakarta yang mengambil tag line “Enjoy Jakarta”. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa Branding Jakarta adalah sesuatu yang kurang bagus. Jakarta hanya berada diatas Manila sebagai kota yang branding-nya bagus. Nomor satu ditempati oleh Singapura dengan tag line “Your Singapore”.

 

 

 

Penelitian ini diharapkan dapat member masukan bagi pemda Jakarta untuk membranding kotanya dengan tepat. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata branding yang ada belum mencerminkan kondisi Jakarta yang sebenarnya. Jakarta masih dipersepsikan secara negatif, terutama dipersepsikan sebagai kota macet. Penelitian ini juga sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang telah ditetapkan oleh Senat Universitas yang menetapkan Kajian tentang Masalah Perkotaan sebagai pola ilmiah pokok. Semoga di masa mendatang semakin banyak kajian tentang perkotaan yang dihasilkan oleh institusi ini. (Eko Widodo).