ASK
ME

REGISTER
NOW

Pentingnya Kemampuan Analisis Big Data di Era Digital

10/18/2019 12:00:00 AM

Jakarta, 17 Oktober 2019 - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) menggelar kuliah umum pada Senin, 14 Oktober 2019. Acara ini bertemakan “Big Data and Business Analysis: Its Impact on Business” dengan mengundang Dr. Joseph F. Hair, Jr sebagai pembicara utama. Para mahasiswa FIABIKOM pun turut hadir mengikuti kuliah internasional ini yang berlangsung di Aula D Lt. 1, Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya.

 

Dr. Joseph Hair menyampaikan materi tentang Big Data

 

Big Data merupakan hal penting yang perlu dipahami oleh setiap orang untuk mengembangkan kemampuan diri masing-masing baik dalam mengelola dan menganalisis data. Setiap informasi yang didapatkan melalui smartphone akan terekam dan dikumpulkan dalam jumlah yang besar. Maka, diperlukan kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan informasi tersebut yang akhirnya akan berguna ketika memasuki dunia kerja nanti. Perkembangan kualitas dan kuantitas data yang pesat harus diseimbangkan dengan kemampuan diri tiap individu dalam menganalisis data yang diterima.

 

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Eko Widodo selaku Dekan FIABIKOM bahwa dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa FIABIKOM akan pengelolaan big data, dilakukan lah kerja sama dengan University of South Alabama, USA di mana Dr. Joseph Hair sendiri merupakan tokoh ternama dari universitas tersebut yang ahli dibidang statistik dan marketing untuk menyampaikan tentang big data. Oleh karena itu, FIABIKOM melakukan kerja sama untuk memperkenalkan mahasiswa tentang big data dan diharapkan dapat membuka wawasan akan hal tersebut.

 

 Sesi kata sambutan Dr. Eko Widodo selaku Dekan FIABIKOM

 

Salah satu peserta kuliah umum, Olivia Nemesis, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017 mengungkapkan dirinya menjadi lebih sadar akan pentingnya big data setelah mengikuti kuliah umum ini. “Big data mampu memberikan keuntungan dalam bisnis karena sebagai mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur membutuhkan big data agar bisnisnya sukses,” ujar Olivia. Adapun harapannya dari kuliah umum berbasis internasional ini semoga mahasiswa juga tahu akan pentingnya big data bukan hanya dalam hal bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari di era digital ini. (RD)

 

 

Para mahasiswa FIABIKOM yang menghadiri kuliah umum
 

 

Foto bersama para pembicara dan dosen FIABIKOM