ASK
ME

REGISTER
NOW

Kuliah Umum DEEP LEARNING Prof. Pitoyo dari Chukyo University Jepang

11/24/2017 00:00:00

Kuliah Umum Deep Learning

 

Prodi Teknik Elektro bersama dengan Prof Pitoyo Hartono dari Chukyo University Jepang mengadakan kuliah umum dengan topik Deep Learning pada tanggal 11-12 September 2017 di Kampus 3 BSD Unika Atma Jaya. Kuliah umum ini juga dihadiri oleh para dosen Prodi Sistem Informasi.

 

Adapun materi Deep Learning merupakan sebuah metode di dalam bidang ilmu artificial intelligence yang merupakan perkembangan terbaru dari metode artificial neural network. Apabila artificial neural network memiliki permasalahan dalam mengklasifikasi data yang bersifat sirkular, Deep Learning mampu memperbaiki solusi tersebut dengan cara menambah layer yang berfungsi sebagai enkoder dan dekoder. Solusi ini membuat sebuah sistem cerdas mampu membedakan beberapa objek di dalam suatu daerah data. Misalkan saja ada sebuah gambar yang terdiri dari mobil, orang, jalan, gunung. Dengan metode ini, kita mampu mengenali semua objek di dalam gambar tersebut dengan akurasi yang sangat tinggi tanpa harus melakukan proses pelatihan secara terpisah dalam setiap objek data.

 

Prof Pitoyo berasal dari Indonesia dan mengecap pendidikan hingga lulus SMA di Jakarta. Kemudian beliau melanjutkan studi sampai meraih gelar profesor di Jepang. Beliau pernah bekerja di Hitachi Ltd dan sekarang menjadi Profesor di Chukyo University dan menjadi researcher di Waseda University. Beliau memiliki keahlian dalam bidang neural network ensemble, khususnya machine Learning Programming (MLP) dan strategy acquirement pada bidang robotika.