ASK
ME

REGISTER
NOW

Kuliah Umum dari Kedutaan Australia

1/9/2008 12:00:00 AM
Selasa kemarin (8/1) Fakultas Teknobiologi mendatangkan pemberi kuliah umum atas nama kedutaan besar Australia, yaitu Dr. François Malherbe dari Faculty of Life and Social Science, Swinburne University. Kuliah ini terbuka bagi seluruh kalangan Fakultas Teknobiologi.

Dalam acara yang berlangsung di Aula D Kampus Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) Semanggi ini Dr. Malherbe menjabarkan tentang aplikasi bioteknologi modern, baik di bidang medis, lingkungan, maupun industri. Dengan pemaparan yang begitu menarik Dr. Malherbe menjelaskan bagaimana sesuatu yang telah berlangsung selama demikian lama seperti bioteknologi dikembangkan dan diterapkan dalam masalah-masalah terkini, misalnya untuk bioremediasi; pengembangan biosensor; serta produksi vaksin, antibodi, enzim, atau senyawa bioaktif tertentu. Beliau turut menayangkan video yang sangat menarik tentang kemasan pangan yang bersifat biodegradable.

Perkuliahan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif antara mahasiswa, staf pengajar, serta Dr. Malherbe. Dalam kesempatan ini sekali lagi Dr. Malherbe menekankan bahwa ada kegunaan bioteknologi di dunia modern sangatlah banyak dan luas, dan untuk melihat berbagai kemungkinan yang ada diperlukan pemikiran yang terbuka, kreativitas, keberanian untuk mengambil risiko, disertai pertimbangan ilmiah yang matang.(wa)