ASK
ME

REGISTER
NOW

Kuliah Umum Constraint Processing

11/23/2017 00:00:00

Constrain-Processing

 

Pada tanggal 16 Agustus 2017 Program Studi Sistem Informasi bersama dengan Prodi Teknik Elektro dan Teknik Industri menyelenggarakan kuliah umum dengan topik Constraint Processing yang berfokus pada penyelesaian masalah kombinatorial skala besar secara efisien. Kuliah umum ini dibawakan oleh Prof. Manfred Meyer dari Westfalische Hochschule, Bocholt Campus. Tempat penyelenggaraan kuliah umum ini di Ruang Serbaguna Lantai 8 Kampus BSD Unika Atma Jaya dan dihadiri lebih dari 100 orang mahasiswa dan dosen dari ketiga prodi.

 

Kuliah ini mengajak peserta untuk melihat masalah dengan perspektif constraint satisfaction problem (CSP) dan mencoba untuk menyelesakan permasalahan tersebut secara efisien. Masalah diasosiasikan sebagai beberapa elemen, seperti kumpulan variabel, kumpulan domain, dan kumpulan constraint. Diberikan beberapa contoh permasalahan, seperti n-queens, Crossword Puzzle, Graph coloringdan lainnya.  Solusinya dilakukan dengan 2 pendekatan, yaitu: chronological backtracking dan generate assignments and constraint testing. Pendekatan chronological backtracking dapat dilakukan dengan logic programming languages seperti Prolog. Pendekatan chronological backtracking semakin efisien dengan proses heuristic, jika digabungkan dengan constraint processing yang terdiri atas network of variables (nodes) dan constraints (arcs).

 

Prof. Meyer juga mengajak mahasiswa untuk mulai memikirkan penelitian lebih lanjut dalam bidang tersebut, misalnya hierarki dan prioritas untuk over-specified problems. Pada akhir kuliah umum, dilakukan sesi tanya jawab.