ASK
ME

REGISTER
NOW

PRODI ILMU KOMUNIKASI KERJASAMA DENGAN KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA

11/08/2021 00:00:00

Pada hari Rabu 3 November 2021 diadakan pertemyan antara program studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya dengan Keuskuoan Agung Jakarta. Pertemuan itu terutama membahas tentang kemungkinan dilaksanakannya kegiatan magang bagi mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi yang bisa dikaitkan dengan MBKM.

Sesuai dengan draf proposal yang dibuat, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) melalui Tim Bidang Prioritas 2 yang terdiri atas Komisi Kepemudaan, Komisi Panggilan, Komisi Pendidikan, dan Tim Karya Kategorial Orang Muda Katolik (OMK) bertugas untuk melakukan Pemdampingan bagi Kaum Muda Katolik di Wilayah Jadetabek. Secara khusus, dalam melaksanakan Arah Dasar Gereja Katolik yang tertuang dalam Renstra 2022-2026, sasaran objektif yang hendak dituju pada tahun 2022 adalah supaya OMK KAJ belajar menghidupi penghargaan martabat manusia melalui proses pembinaan iman dalam  komunitas, refleksi dan kesaksian hidup, serta pewartaan digital yang inspiratif. Sasaran tersebut dituangkan dalam 2 program karya Prioritas berupa Campus Fidei dan Kampanye Aku Dikasihi Aku Mengasihi (ADAM). Sekilas mengenai kedua program tersebut adalah sebagai berikut:

1.            Program Campus Fidei merupakan program pembinaan OMK KAJ (youth formation) yang menyasar OMK untuk menghasilkan penggerak paroki setiap di setiap paroki di KAJ. Program ini dilaksanakan pada Januari – Desember 2022.

2.            Sedangkan untuk Kampanye ADAM adalah kampanye penghargaan terhadap martabat manusia. Program ini menitikberatkan pada program pewartaan melalui digital campaign mengenai penghargaan terhadap martabat manusia karya karitatif dan pemberdayaan didukung dengan ragam kampanye sederhana. Waktu pelaksanaan adalah Januari – Desember 2022.

Untuk mendukung kedua program di atas, maka akan dilakukan pra-campaign yang akan dilaksanakan sejak November 2021 melalui kampanye digital melalui sosial media. Oleh karena itu, diperlukan video atau teaser yang dihasilkan untuk membidik target sasaran yaitu kaum muda. Dalam rangka kegiatan inilah diperlukan bantuan dari mahasiswa ilmu komunikasi Unika Atma Jaya. Di program ini mahasiswa juga bisa secara langsung belajar berbagai hal terkait dengan produksi konten video yang dibuat untuk kampanye buat anak mud aini. Semoga program yang baik ini bisa terlaksana dengan baik nantinya.