ASK
ME

REGISTER
NOW

Pengembangan Kerjasama Fakultas Teknik UAJ dengan Westphalian University of Applied Sciences dalam Kerangka Ektensi Erasmus Plus

12/19/2017 00:00:00

Mulai sejak tahun 2009, Unika Atma Jaya mengirimkan sejumlah mahasiswanya ke Wesphalian University of Applied Sciences (WH)  Jerman untuk belajar bidang bisnis internasional. Setiap tahun secara rutin mengirimkan mahasiswanya belajar selama 1 semester di Jerman. Sejak 2016, UAJ mendapatkan beasiswa dari Erasmus+ untuk pertukaran mahasiswa Indonesia ke Jerman dan staff exchange.

 

 

Pada kesempatan ini, Pak Agung,  salah satu perintis kerjasama dengan WH dan Erasmus+ memperkenalkan Fakultas Teknik dengan Prof. Manfred Meyer, salah satu professor sistem informasi di Fakultas Teknik Mesin. Pak Agung mengajak Fakultas Teknik untuk memperluas kerjasama yang ada sekarang ini dalam kerangka Erasmus+ untuk tahun 2018-2020. Pihak WH sangat menyambut dengan antusias dan menghasilkan beberapa kesepakatan kerjasama. 

 

 Guest Lecture "Building Knowledge-based Quality Function Deployment: A Kano-text mining analysis approach" in class on Special Aspects in Quality Management, 3rd Sem. Master Business Engineering

 

Beberapa hasil kesepakatan kerjasama yang akan ditindaklanjuti oleh Fakultas Teknik dalam setahun kedepan adalah sebagai berikut:

  1. Pada semester genap 2017/2018 (summer term), terdapat 1 mahasiswa magister teknik mesin WH Jerman (Fabian Mölders ) kuliah 1 semester di Magister Teknik Mesin UAJ
  2. Pada semester genap 2017/2018 (summer term), terdapat 1 mahasiswa business engineering WH Jerman akan menyelesaikan tugas akhirnya dengan bimbingan salah satu dosen Teknik Industri UAJ (sebagai co-pembimbing)
  3. Pada semester genap 2017/2018 (summer term), dengan kerangka pembiayaan Erasmus+, seorang dosen Teknik Mesin UAJ, Dr. Sheila Tobing akan berkunjung sebagai visiting professor selama seminggu di WH Jerman dengan berkolaborasi dengan Prof Tobias Seidl dalam pengajaran dan penelitian di bidang biomimetic.
  4. Pada semester genap 2017/2018 (summer term), dengan kerangka pembiayaan Erasmus+, 2 orang professor WH (Prof Manfred Meyer dan Prof. Horst Toonen) akan berkunjung ke UAJ selama seminggu dalam rangka kuliah umum, rintisan penelitian bersama dan kegiatan lainnya.
  5. Pada semester ganjil 2018/2019 (winter term), dengan kerangka pembiayaan Erasmus+, rencananya 3 dosen FT UAJ akan berkunjung sebagai visiting professor selama seminggu di WH Jerman untuk berkolaborasi dengan professor WH Jerman dalam pengajaran/kuliah tamu dan penelitian yang sesuai.
  6. Pada semester ganjil 2018/2019 (winter term), dengan kerangka pembiayaan Erasmus+, rencananya 2 mahasiswa FT UAJ akan mengikuti pertukaran mahasiswa selama 1 semester di WH Jerman.
  7. Peluang pertukaran mahasiswa dengan mengambil kuliah 1 semester di WH Jerman dan UAJ dengan biaya pribadi.
  8. Kunjungan ke perusahan Jerman Gebr. Klocker GmbH, membuka kesempatan magang di pabrik yang ada di Indonesia (Bandung).