ASK
ME

REGISTER
NOW

Prof. Gilles dalam Kelas dan Workshop Neuropsikologi di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya

09/25/2017 00:00:00

Setelah bulan Agustus lalu Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya kedatangan Prof. Coenen untuk mengampu kelas dan workshop neuropsikologi, pada tanggal 4 September sampai 14 September 2017 giliran kolega yang juga murid dari Prof. Coenen yang membawakan kelas dan workshop. Beliau adalah Prof. Gilles van Luijtelaar dari Donders Centre for Cognition,Department of Biological Psychology, Radboud University Nijmegen. Prof. Gilles mengampu kelas neuropsikologi sebanyak tujuh kali pertemuan dengan topik-topik mengenai  belajar dan memori, plastisitas otak, emosi, executive functions, epilepsi dan obat-obat anti epilepsi, gangguan psikiatrik, dan alat ukur neuropsikologi.

 

Workshop diadakan pada tanggal 6 September 2017 dan 13 September 2017 di Gedung K2 ruang 2.202. Workhop ini diikuti mahasiswa, dosen, serta praktisi baik dari Atma Jaya mau di luar Atma Jaya. Workshop pertama membahas mengenai epilepsi secara mendalam. Prof. Gilles memaparkan bahwa epilepsi tidak selalu terjadi kejang-kejang, tetapi ada juga jenis epilepsi yang menyebabkan seseorang tidak dapat bergerak dan tidak responsif yang disebut sebagai absence epilepsy. Penjelasan dilanjutkan dengan faktor-faktor yang menyebabkan epilepsi, pengaruh dari epilepsi, bagian-bagian otak yang terpengaruh epilepsi, dan cara pengobatan epilepsi. Topik pada workshop kedua adalah gangguan psikiatrik dan berfokus pada tiga gangguan, yaitu skizofrenia, gangguan mood, dan post traumatic stress disorder (PTSD). Pada masing-masing gangguan, Prof. Gilles menjelaskan gejala-gejala dari masing-masing gangguan, faktor resiko, model genetis, neurotransmiter yang aktif pada masing-masing gangguan, pengaruh gangguan pada otak, dan proses perawatan masing-masing gangguan.

 

Peserta tampak antusias dalam mengikuti workshop, bahkan waktu 2,5 di masing-masing workshop dirasa kurang khususnya ketika membahas mengenai gangguan-gangguan psikiatrik. Acara yang bekerjasama dengan Erasmus+ ditutup oleh Dr. Angela Oktavia Suryani, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Harapannya kelas dan workshop yang telah dilaksanakan dapat membuat orang-orang semakin tertarik untuk mendalami bidang neuropsikologi.

 

 

 

Penulis  : Billy

Gambar :Billy