ASK
ME

REGISTER
NOW

Kegiatan-kegiatan yang Telah Berlangsung

6/25/2013 12:00:00 AM

Bincang Ilmiah bekerja sama dengan Max Planck Institute

  • Dr. Maya Ravindranath dari University of New Hampshire) pada 8 Januari 2013 di Ruang Bincang PKBB bertema Exploring Generational Differences in Structure and Attitudes in Cases of Language Shift

  • Tim Connell dari University of Canterbury pada 16 Januari 2013 juga di Ruang Bincang dengan tema Matéq: A Land Dayak Language of West Kalimantan

  • Dr. I Wayan Arka dari Australian National University pada 9 Februari 2013 juga masih di Ruang Bincang, tema yang dibahas Locative and the Argument-adjunct Distinction in Balinese
  • Bekerja sama dengan Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris pada Sabtu, 2 Maret, 2013 bertempat di Gedung Yustinus, Lantai 14, PKBB menyelenggarakan

The 2nd Atma Jaya Conference on Corpus Studies (ConCorps 2013)

“Corpus-informed Research in Linguistics and Applied Linguistics”

Keynote Speaker: Dr. Hananto

(Universitas Pelita Harapan – alumni PS LTBI)

“Corpus-based Indonesian Spelling Checker”

Konferensi yang merangkum 8 sesi paralel dengan 11 pemakalah dan 31 peserta ini ditutup dengan lokakarya singkat bertema:

“Introduction to Some Corpus Tools and Their Applications”

Pembicara: Prof. Bahren Umar Siregar, Ph.D. (Unika Atma Jaya)

  • Dilanjutkan pada 21 Mei 2013 bersama AIFIS dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) juga bertempat di Gedung Yustinus, Lantai 14 diselenggarakan One in a Million: a Film Screening and Academic Discussiondengan narasumber dari San Diego State University: Prof. Mark Freeman, Ph.D., dari Unika Atma Jaya: Dr. Nani I.R. Nurrachman Sutoyo, Dr. Tanete A. Pong Masak, dan Dr. Luciana, M.Ed. ( moderator). Diskusi ini mengawali pekan 15 tahun Reformasi yang merupakan kerja sama Unika Atma Jaya dan beberapa Universitas lain.
  • Bincang Ilmiah kembali diselenggarakan pada 17 Juni 2013 dengan narasumber William D. Davies, Ph.D. dari University of Iowa yang mengetengahkan Discussion of Applicative Constructions in Local Languages of Indonesia.


LOKAKARYA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KORPUS

Pemelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia secara formal telah dimulai sejak pendidikan dasar dan berlanjut sampai jenjang pendidikan tinggi. Namun demikian, dalam pelaksanaannya di lapangan ditemukan banyak sekali tantangan dan permasalahan, baik yang bersumber dari keadaan internal sekolah, maupun faktor dari luar sekolah, seperti lingkungan. Permasalahan yang muncul pelaksanaannya ini dapat dipilah menjadi dua, yaitu masalah pemelajaran dan masalah pengajaran, yang masing-masing memerlukan penanganan berbeda, walaupun ada kemungkinan sebuah solusi dapat dipakai untuk menangani dua masalah secara bersamaan.
Sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi di atas dan dalam konteks kewajiban Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, PKBB bekerja sama dengan PS LTBI Unika Atma Jaya menyelenggarakan lokakarya dengan tema Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Korpus.
  
lokakarya lokakarya1  

PRESENTASI HASIL PENELITIAN

Carla Pritsch dari Cluster of Excellence Languages of Emotion dari Evolutionary Psychology, Freie Universität Berlin pada Kamis, 19 Juli 2012, pukul 14:00 - 15:00 bertempat di Ruang Bincang Ilmiah PKBB,Gedung K2 Lt.4, Kampus Semanggi, Unika Atma Jaya telah mempresentasikan hasil penelitian dengan abstrak sebagai berikut:
Emotion Expression in Non-human Primate Vocalisations
Great apes use, just like human beings, three modalities to convey emotional information: facial expressions, gestures and vocalisations. In research, the level of knowledge as well as the attention drawn to these three modalities shows significant inequalities. The presented PhD project approaches the field of vocal communication of orangutans in emotionally arousing situations.
This project uses behaviour-observational methods to identify emotional contexts of the two different emotional valences, namely negative and positive emotional situations. A non-invasive experimental design is used to check for the flexibility, referentiality and intentionality of the vocalisations with special regard to possible differences between negatively and positively arousing interactions proposing differences due to a phenomenon called negativity bias. The experiment will be conducted by using a playback setup followed by a combination of a playback experiment and an eyetracking technique.
 
 presentasi presentasi

KOLITA 10

PKBB telah menyelenggarakan Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 10 (KOLITA 10) pada Jumat, 27 s.d. Sabtu, 28 April 2012 di gedung Yustinus 14.
Acara diawali dengan sambutan kordinator acara yang juga Kepala PKBB baru dan lama yaitu Yanti, Ph.D. dan Yassir Nasanius, Ph.D., diikuti sambutan dari Ketua LPPM A. Prasetyantoko, Ph.D. dan dari Katharina E. Sukamto, Ph.D. sebagai salah satu saksi tumbuh kembangnya KOLITA.
Panitia KOLITA 10 menerima 218 abstrak yang diseleksi menjadi 91 makalah (4 pleno, 54 paralel, 33 poster).
Pemakalah berasal dari dalam dan luar negeri. Peserta dari dalam negeri berasal dari berbagai daerah, seperti Aceh, Medan, Padang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua; sementara pemakalah dari luar negeri berasal dari Malaysia dan India. Peserta juga hadir dari berbagai daerah di Indonesia.
Pemakalah Pleno adalah:
Pola Migrasi Bahasa Melayu di Nusantara”, Elsa Putri E. Syafril, Sarjanawiyata Tamansiswa University
“Valence in Selayarese Morphology”, Hasan Basri, Tadulako University
Appraisal Analysis: How The Jakarta Post and Tempo English Edition Perceive Angelina Sondakh?”, Riana Irawati, Unika Atma Jaya
Problem Penalaran dalam Artikel Ilmiah Mahasiswa di Provinsi Sulawesi Tengah”, Sugit Zulianto, Tadulako University
Pada Dasawarsa KOLITA inilah untuk pertama kalinya diselenggarakan sesi poster untuk mengakomodir peningkatan jumlah abstrak yang masuk dan lolos seleksi. Peserta dan para pemakalah pun sangat antusias mengikuti sesi ini.

Setelah menerima masukan dari pemakalah dan peserta, PKBB membuat milis KOLITA yang bertujuan sebagai wadah untuk bertukar informasi.

 
kolita 1 2 3 4


SEMINAR BAHASA IBU

Pusat Kajian Bahasa & Budaya dan International Office bekerja sama dengan Masyarakat Linguistik Indonesia menyelenggarakan seminar “Bahasa Ibu dan Keberaksaraan” dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional pada 21 Februari. Acara diadakan di Gedung Yustinus, Lt. 14, Ruang 1401 pada Selasa, 21 Februari 2012 pukul 08.00-11.00. Acara ini dihadiri oleh orang-orang dari berbagai kalangan, seperti: aktivis/peneliti/pemerhati bahasa, praktisi pendidikan, dan mahasiswa/i.
Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia Penyelenggara Faizah Sari, Ph.D. kemudian ada upacara penyerahan secara simbolis sumbangan buku dari keluarga Prof. Dr. Anton M. Moeliono kepada Perpustakaan Atma Jaya, disusul sambutan dari wakil keluarga yakni kedua putri beliau Miriam Dian Pramesti dan Isbia Nilam Paramita juga dari Rektor Unika Atma Prof.Dr.Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T.
Narasumber acara seminar adalah Dr. Ade Koesmiadi (Kepala P2PNFI Regional II, Semarang) dan Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo (Pemerhati Bahasa & Guru Besar Unika Atma Jaya, Jakarta).

Pada acara ini juga diselenggarakan Peluncuran festschrift Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo dalam rangka ulang tahunnya yang ke 60 tahun dan 30 tahun peringatan sebagai doktor termuda di Indonesia. Dalam peluncuran festschrift Dr. Sudaryanto memberikan sambutan singkat mewakili para kontributor festschrift dan Prof. Bahren Umar Siregar, Ph.D. menyerahkan simbolis buku ke Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo yang berjudul Dari Menapak Jejak Kata Sampai Menyigi Tata Bahasa.

 

ibu  buku