ASK
ME

REGISTER
NOW

Webinar - Introducing JASP 0.16 for Statistical Analysis

09/16/2022 00:00:00

Jumat, 16 September 2022 telah berlangsung Webinar bertajuk Introducing JASP 0.16 for statistical analysis yang diadakan oleh Departemen Psikologi BINUS University bersama Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya dan Fakultas Psikologi Universitas YARSI. Tema ini diambil untuk membantu mahasiswa, dosen dan ilmuwan ilmu perilaku mempelajari cara analisis data seperti statistik menggunakan perangkat lunak JASP 0.16 dengan lebih efisien dan akurat. Webinar ini dapat dihadiri secara gratis dan dibuka untuk umum secara daring sehingga dihadiri oleh berbagai kalangan.

 

Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan JAPers Club pada 2022 yang sebelumnya membahas Psytoolkit. Tema mengenai JASP 0.16 dibawakan oleh Prof. dr. E.M. (Eric-Jan) Wagenmakers dari Belanda yang mengembangkan JASP sebagai alat bantu analisis statistik. Ada pun Bapak Wisnu Wiradhany dari Departemen Psikologi Universitas Bina Nusantara sebagai moderator.

 

Prof. dr. E.M. (Eric-Jan) Wagenmakers menjelaskan mengenai JASP mulai dari alasan dibuatnya JASP, alasan menjadikan JASP dapat diakses secara gratis, dan siapa target pengguna JASP. Narasumber juga langsung menjelaskan praktik JASP dengan menayangkan dan menjelaskan tahap-tahap analisis data. Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi partisipan untuk berdiskusi, bertanya dan bahkan mengusulkan langsung pada narasumber, modul yang dibutuhkan dalam JASP. Kegiatan berlangsung selama dua dengan lancar dan dapat menarik partisipan yang berasal dari kalangan peneliti, dosen, dan mahasiswa.

 

Video webinar dapat disaksikan pada link berikut ini: https://youtu.be/Lo7ZPtQOCcs 

 

Penulis: Rena (201907510031)

Editor : Laurentius Purbo Christianto