ASK
ME

REGISTER
NOW

Webinar - Pengantar Meta-analisis Menggunakan JASP

08/19/2022 00:00:00

Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya bersama Fakultas Psikologi Universitas YARSI dan Departemen Psikologi BINUS University  kembali bekerja sama untuk mengadakan webinar bertajuk “Pengantar meta-analisis menggunakan JASP”. Acara ini diadakan pada Jumat, 19 Agustus 2022 secara daring. Webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan JASPers Club pada tahun 2022 yang sebelumnya membahas tema metode penelitian. Namun pada webinar kali ini, peserta yang datang juga memperoleh sertifikat partisipasi berlangsungnya acara. Webinar kali ini berlangsung selama 2 jam.

 

Pembahasan dalam webinar ini meliputi pengantar meta-analisis, serta langkah-langkah melakukan meta-analisis, dan cara melakukan analisis yang dapat direplikasi. Tema  mengenai meta-analisis pada webinar ini dibawakan oleh Wisnu Wiradhany dari Departemen Psikologi Universitas Bina Nusantara. Ada pun Christiany Suwartono dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya juga terlibat sebagai moderator pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari para peserta.

 

 

Berdasarkan tema yang dibawakan, muncul diskusi mengenai cara melakukan mengerucutkan dalam screening jurnal untuk meta-analisis. Proses pengerucutan dapat kembali sesuai dengan keinginan peneliti sesuai dengan kebutuhan penelitian dengan membuat kriteria yang jelas. Kualitas dari artikel jurnal yang dipilih dalam meta-analisis juga ditentukan sendiri oleh peneliti dan biasa berdasarkan database pencarian jurnal. Namun, standar minimal dari jurnal yang disarankan yaitu peneliti sebelumnya sample size dan hasil perhitungan statistik inferensial. Namun, perlu diteliti kembali mengenai hasil perhitungan dan informasi agar jurnal yang diperoleh benar-benar mencantumkan data yang dapat dipercaya. Selain itu, dijelaskan bahwa jika ada perbedaan ekstrim terkait cara pengumpulan data dalam meta-analisis, hal tersebut perlu diperhatikan peneliti selama memiliki batasan yang jelas.

 

Pesan di akhir dari narasumber, bahwa sebagai ilmuwan harus dapat memberikan data yang dapat dipercaya dan menuliskan informasi-informasi penting yang dapat membuktikan kebenaran data yang disampaikan dalam jurnal.

 

Video kegiatan webinar ini dapat disaksikan dari link berikut ini: https://youtu.be/I6Hc5NI9N_Q 

 

Webinar Jasper club agustus

 

 

Penulis: Rena (201907510031)
Editor: Laurentius Purbo Christianto