ASK
ME

REGISTER
NOW

1st International Conference On Corporate and Marketing Communication

09/22/2014 00:00:00

 

Rabu, 11 September 2014, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis & Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) Unika Atma Jaya mengadakan 1st International Conference On Corporate and Marketing Communication (ICCOMAC). Dalam kesempatan pertamanya ICCOMAC yang diselenggarakan menghadirkan tiga orang pembicara.

 

Pembicara pertama adalah Prof. Aloisius Agus Nugroho, Ph.D. Beliau merupakan dosen jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Administrasi, Bisnis, dan Komunikasi(FIABIKOM), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Pria yang akrab disapa Prof Aloi ini memberitahukan bagaimana seharusnya seorang professional corporate dan marketing communication di Indonesia dapat meningkatkan nilai Negara serta meningkatkan nilai suatu brand.

 

Prof Aloi mengambil contoh Korea Selatan. Dia menyebutkan berbagai kesuksesan Korea Selatan dalam membangun bisnisnya baik didalam negeri maupun diluar negeri. Dimulai dari pengembangan budaya dan popularity yang dihasilkan oleh Korean Pop, Korean Drama, Hallyu Star, dan berbagai keunikan budaya yang dikemas dengan menarik. Hal-hal tersebut menjadikan Korean Wave sebagai peluang bisnis yang akhirnya menjadi go public dan menjadikan perusahaan-perusahaan milik Korea Selatan menjalin kerja sama dengan Negara lain. Ia pun berharap supaya Indonesia dapat memelihara budaya bangsa dan dapat mengikuti jejak Korea Selatan dan membentuk ‘Indonesia Wave.’

 

“Communication is Collaboration,” buka Dr Nia Sarinastiti seraya membuka presentasinya. Dosen jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas FIABICOM Unika Atma Jaya tersebut berbagi pengalaman dan tips bagaimana menanggapi tantangan global, khususnya di Indonesia. Dr. Nia meminta kita agar menjadi anak muda Indonesia yang tidak berpikiran sempit, mampu melihat suatu industry secara keseluruhan, dan bersikap professional dengan pengetahuan yang dibutuhkan dan sikap yang dapat diterima pasar. Dia juga menyebutkan agar anak muda dapat memenuhi kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing di pasar global, barulah setelah memenuhi kompetensi yang dibutuhkan, anak Indonesia dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar global.

 

Pembicara ketiga merupakan pengajar dari Institute for Media Studies, KU Leuven di German. Pria bernama Tim Smits, M.Sc, Ph.D mengatakan bahwa penelitian adalah salah satu kunci sukses dalam Communication Strategy. “Creativity is essensial, strategy can make a difference,” jelas Smits. Ia menyebutkan bahwa begitu banyak bisnis serupa dalam dunia ini, yang menjadikannya berbeda bukan hanya kreatifitas dari sang pembuat, namun juga strategi yang diterapkan.

 

Prof. Parichart Sthapitanoonda, Ph.D mengemukakan paradox yang sedang terjadi, yaitu pekerjaan PR dianggap menurun namun disisi lain reputasi perusahaan meningkat. Ini dikarenakan sifat yang ditunjukkan oleh PR yang tidak banyak melakukan yang dia katakana melainkan hanya mengungkapkan saja. Oleh karena itu, Prof Parichat ini menyarankan supaya PR dapat melakukan yang dikatakannya sehingga menghapus paradox negatif tersebut.

 

Selain menghadirkan 3 pembicara hebat yang menyampaikan materi terkait kegiatan ICCOMAC, diadakan pula lomba paper dari para partisipan pemakalah yang hadir. Setelah melewati proses demi proses didapatkan 6 pemenang best paper. Selamat atas sukesnya 1st International Conference On Corporate and Marketing Communication (ICCOMAC) tahun 2014 dan selamat kepada para pemenang best paper

 

 

Laporan: Yossie (M&PR)

Foto: Ricky (M&PR)