ASK
ME

REGISTER
NOW

Sharing Internship BIOTEC Thailand 2013

3/1/2013 12:00:00 AM

Peserta internship biotec Thailand 2013

 

 

Program kerja sama antara Fakultas Teknobiologi, UAJ dengan BIOTEC, Thailand ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu. Kami bersepuluh (Shirley, Calysca, Eka, Monica, Maureen, Francisca, Annes, Yosline, Theressa, dan Lesly) adalah mahasiswi angkatan 2009 yang sedang mengikuti program internship ini. Pada awalnya kami sempat ragu untuk mendaftar, banyak hal yang harus kami pertimbangkan seperti penelitian dan skripsi yang harus ditinggalkan serta tinggal jauh dari keluarga. Namun dengan semangat untuk memperkaya diri dan menambah pengalaman, kami pun memantapkan diri untuk mendaftar.  Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap. Pertama kami diminta mengumpulkan surat lamaran dan surat motivasi dalam bahasa Inggris ke pihak Fakultas Teknobiologi. Dalam surat motivasi tersebut kami sekaligus mencantumkan topik mana yang ingin kami pilih. Seleksi berikutnya adalah wawancara yang dilakukan oleh 5 orang dosen FTb. Puji Tuhan kami bersepuluh akhirnya lolos seleksi  dan meneruskan ‘warisan’ internship kami dari kakak-kakak kelas Fakultas Teknobiologi terdahulu selama kurang lebih lima bulan. Kami bersepuluh masing-masing memiliki topik penelitian yang berbeda-beda sesuai dengan yang telah kami pilih sebelumnya.

           

Setelah mengurus berbagai keperluan seperti visa dan tiket pesawat, akhirnya pada tanggal 12 Januari 2013 kami berangkat menuju Thailand untuk melakukan internship di BIOTEC. Walaupun pesawat kami sempat terlambat (delay), tetapi pihak BIOTEC (P’Pex) yang menjemput kami di bandara Don Mueng masih menunggu. Kami bersepuluh diantar ke tempat penginapan kami yaitu di Sirindhorn Science Home. Fasilitas di tempat tinggal kami juga sangat baik, di sana terdapat kolam renang, lapangan olahraga, pusat kebugaran (gym), dan peminjaman sepeda sehingga kami tetap dapat berolahraga selagi melakukan internship di Thailand.

      

Dalam program internship ini, sebagian dari kami bekerja langsung dengan supervisor,tetapi ada pula yang bekerja dengan asisten supervisor kami. Kendala utama dalam internshipini adalah bahasa karena beberapa dari orang Thailand kurang dapat berbicara dengan bahasa inggris. Akan tetapi para staf yang mendampingi kami di laboratorium sangat sabar dan ramah. Melalui internship ini kami mendapatkan banyak ilmu dan bisa mengenal dunia bioteknologi secara lebih dalam. Kami pun berkesempatan untuk mengoperasikan berbagai alat-alat baru yang belum pernah kami gunakan sebelumnya. Selain itu, kami juga belajar untuk berinteraksi dengan orang-orang baru yang kami temui di sini.

 

Selain bekerja di laboratorium, kami juga banyak mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Thailand. Setiap akhir minggu, kami biasanya pergi untuk rekreasi. Beberapa tempat yang telah kami kunjungi adalah Chatuchak Market, Siam, Grand Palace, China Town, Platinum, dan Asiatique. Masih banyak tempat yang ingin kami kunjungi hingga akhir masainternship nanti. Selain berekreasi, kami tidak lupa untuk pergi beribadah. Di dekat tempat tinggal kami terdapat tempat beribadah untuk penganut agama Kristen dan Katolik. Kami juga menjalin hubungan dengan orang-orang Indonesia yang sedang menimba ilmu di negeri ini, bahkan saat ini kami juga tergabung dalam grup PERMITHA (Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di Thailand).

         

Program internship BIOTEC ini sangat menyenangkan dan menambah pengalaman,pastinya akan berguna nantinya dalam menghadapai dunia kerja. Kami juga dapat berkenalan dengan banyak orang di sini. Program internship BIOTEC ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi diri kami, orangtua kami, dan juga bagi nama Fakultas Teknobiologi. Kami berharap, setelah program internship untuk tahun ini selesai, masih terbuka kesempatan bagi adik-adik kelas kami untuk mencobanya di tahun-tahun ke depan. Terima kasih banyak kepada Fakultas Teknobiologi Atma Jaya untuk segala kesempatan yang diberikan.