ASK
ME

REGISTER
NOW

International Conference: Urban Living and Multicultural Cities in Asia from Colonial Past to Global Future

11/10/2017 12:00:00 AM

Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya melaksanakan acara “International Conference: Urban Living and Multicultural Cities in Asia from Colonial Past to Global Future.” International Conference ini berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 7-9 November 2017 bertempat di JS Luwansa Hotel and Convetion Center, Jakarta Selatan.

 

Acara ini merupakan puncak dari Lustrum ke V Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2017. Sebelumnya, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya mengadakan misa syukur dan temu alumni.

 

Para peserta dan pembicara menyanyikan lagu Indoensia Raya sebelum konferensi dimulai

 

Selain memeriahkan Lustrum ke V, tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan Fakultas Psikologi Unika Atma yang sudah mempunyai reputasi baik ditingkat nasional serta memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa isu mengenai urban tidak selalu membahas mengenai pembangunan fisik, tetapi juga harus memperhatikan pembangunan psikologis dan dampak yang dihasilkan. Sehingga dari tujuan tersebut, International Conference ini membahas mengenai pendekatan multidisiplin terhadap isu urban. Peserta yang mengikuti acara ini cukup beragam, seperti peneliti dan pemerhati bidang-bidang urban yang meliputi masalah pendidikan, healthy living, dan masalah organisasi. Selain peserta yang beragam, pembicara yang diundang dalam acara ini berasal dari beberapa kalangan, yaitu dokter spesialis kesehatan jiwa, arsitek, dan peneliti dibidang sosial.

 

Suasana dalam salah satu Panel Session

 

Rangkaian acara sudah dimulai dari tanggal 7 November, tetapi hanya untuk pelaksanaan workshop. Tanggal 8 November dilaksanakan Opening Ceremony, yang diawali dengan doa, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan dari Agustinus Prasetyantoko selaku rektor Unika Atma Jaya.  Setelah Opening Ceremony, acara dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Gregory Bracken (Assistant Professor of Spatial Planning and Strategy TU Delft, the Netherlands) dan Risa Permanadeli dari Pusat Kajian Representasi Sosial Indonesia. Setelah Keynote Speech, dilanjutkan dengan Konfrensi Pers dan Panel Sessionuntuk mempresentasikan hasil penelitian para peserta. Dihari terakhir, yaitu tanggal 9 November masih dilanjutkan dengan Panel Session, Closing Ceremony, dan Closing Discussion.

 

“I think it’s very important conference. If you understand all of the different perspectives, all of the different disciplines, all of the different stakeholders, you can make much better decisions which is better for everybody. And i think it’s very well organized conference and very impressive actually”, ujar Gregory Bracken mengenai pendapatnya tentang acara ini.

 

“Topik yang dibahas menarik dan mengkritisi penelitian-penelitian yang sudah dilakukan”, ujar Oktaviani (alumni Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya). (IS)

 

Dekan Fakultas Psikologi, Angela Oktavia Suryani saat memberikan cinderamata kepada pembiacara bersama dengan Agustinus Prasetyantoko