ASK
ME

REGISTER
NOW

Workshop PSAK Updates

9/2/2016 12:00:00 AM

 

Poster download

 

  

Term of Reference

“Workshop IFRS Updates”

 

Latar Belakang

Saat ini Indonesia telah memasuki tahapan kedua konvergensi International Financial Reporting Standards (IFRS). Seperti yang kita ketahui sejak tahun 2008, pemerintah Republik Indonesia telah mendukung program konvergensi PSAK ke IFRS karena hal tersebut dinilai sejalan dengan salah  satu kesepakatan pemimpin negara-negara yang tergabung dalam G20, yaitu menciptakan satu set standar akuntansi berkualitas yang berlaku secara internasional. Pengadopsian standar akuntansi internasional kedalam standar akuntansi nasional bertujuan menghasilkan laporan keuangan yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi, sehingga manajemen akan memiliki tingkat akuntabilitas tinggi dalam menjalankan perusahaan. Selain itu laporan keuangan perusahaan juga akan menghasilkan informasi yang lebih relevan dan akurat. Oleh karena itu penerapan IFRS dinilai penting dan perlu dilakukan secepatnya oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan bidang akuntansi, baik praktisi yang bersinggungan langsung dengan laporan keuangan, maupun para akademisi yang dituntut untuk selalu memperbarui kompetensinya. Sepanjang tahun 2015 lalu, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI telah mengesahkan penyesuaian dan amandemen atas beberapa Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) sebagai panduan para Akuntan dalam menyusun laporan keuangan. Ke depannya diharapkan selisih antara PSAK dan IFRS semakin mengecil. Beberapa PSAK yang berlaku efektif tahun 2015 ini berdampak cukup signifikan pada pelaporan entitas, sehingga penyesuaian atas laporan keuangan tahun sebelumnya harus dilakukan. Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sebagai satu-satunya organisasi yang menaungi profesi Akuntan Publik di Indonesia, memiliki misi untuk mendorong peningkatan praktik tata kelola yang baik di bidang perekonomian dan pengelolaan negara, termasuk peningkatan kualitas pelaporan informasi keuangan. Oleh karena itu konvergensi IFRS merupakan salah satu isu yang menjadi perhatian IAPI. Dalam kegiatan Pelatihan Profesional Berkelanjutan (PPL), Update PSAK Terkini seringkali diangkat sebagai tema dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta, baik Akuntan Publik, maupun umum.

 

Tujuan

Selain Pelatihan Profesional Berkelanjutan (PPL), IAPI juga membuka In House Training bagi instansi-instansi yang tertarik bekerjasama untuk memberikan pelatihan seputar akuntansi maupun auditing kepada stafnya. Melalui program Workshop PSAK Updates yang akan diselenggarakan bersama UNIKA Atma Jaya ini, IAPI bertujuan untuk membantu para dosen dalam memahami perkembangan PSAK yang telah disesuaikan dengan konvergensi IFRS terkini. Selain itu melalui metode pelatihan yang disampaikan, pengajar berusaha membangun jembatan antara teori dengan aplikasi yang sesungguhnya sehingga peserta memahami penerapan PSAK tersebut, serta kendala-kendala yang seringkali dihadapi dalam penyusunan laporan keuangan.

 

Waktu Kegiatan

Waktu : Senin – Rabu, 26 – 28 September 2016, pukul 09.00 – 15.00

Tempat : Gedung Yustinus Lt. 14 Universitas Katolik Atma Jaya

Jumlah Peserta : 50 orang

 

Instruktur

IAPI bekerjasama dengan para instruktur yang profesional dan berkompeten di bidangnya. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik praktisi, akademisi, maupun pembicara ahli dari instansi pemerintahan dan lembaga-lembaga terkait yang relevan  dengan materi yang akan dibawakan, termasuk materi mengenai Update PSAK Terkini.