ASK
ME

REGISTER
NOW

Program Studi Teknik Elektro dan IEEE CASS Indonesia Mengadakan Workshop Pembelajaran Rangkaian dan Sistem Listrik

11/05/2014 00:00:00

btnhomebtntentangbtnkurikulumbtnfasilitasbtnkegiatanbtndosenbtnjurnalbtnprofalumnibtnartikel

 

ieee

 

Program Studi Teknik Elektro bekerjasama dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers - Circuit and Systems Society (IEEE CASS) mengadakan workshop Pembelajaran Rangkaian dan Sistem Listrik pada 14 Oktober 2014

 

Fasilitator workshop adalah Prof.  Dr. Soegijardjo Soegijoko, IEEE CASS Chair untuk Indonesia.  Peserta workshop adalah para dosen dan mahasiswa dari prodi teknik elektro Unika Atma Jaya dan beberapa universitas lainnya di Jakarta.

 

Workshop terdiri atas dua sesi, dimana pada sesi pertama diisi dengan penjelasan umum tentang Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) serta berbagai kegiatannya terutama untuk mahasiswa. Prof. Soegijardjo menyampaikan pentingnya mahasiswa berpartisipasi pada perlombaan yang diadakan oleh IEEE untuk memperoleh tambahan wawasan dan mengembangkan kemampuan berkompetisi di tingkat nasional.  Pada sesi kedua yang diikuti para dosen, dibahas metode pembelajaran untuk perkuliahan rangkaian dan sistem listrik. Pada diskusi mengemuka pendapat bahwa pembelajaran dengan metode tatap muka di kelas tetap penting untuk meletakkan dasar teoretis dan memverifikasi pemahaman mahasiswa menggunakan latihan-latihan tertulis. Namun demikian, alat bantu perkuliahan berupa perangkat lunak simulasi yang memungkinkan perhitungan dilakukan secara cepat tetap perlu diperkenalkan sedini mungkin kepada mahasiswa, untuk membantu mereka melakukan analisis di perkuliahan tingkat lanjut. Praktikum pendukung perkuliahan rangkaian listrik selain menggunakan perangkat keras juga perlu dilengkapi dengan latihan menggunakan perangkat lunak simulasi.  Seminar dan diskusi ditutup dengan sesi tanya-jawab.