ASK
ME

REGISTER
NOW

Lokakarya dalam Rangka Hibah Penelitian Lintas Bidang PKBB 2016

12/8/2016 12:00:00 AM

Dalam rangkaian Hibah Penelitian Lintas Bidang 2016, PKBB mengadakan tiga lokakarya untuk mendukung proses penelitian. Lokakarya pertama dengan tema “Pengenalan Software ELAN” telah dilaksanakan pada 27 April 2016. Lokakarya kedua bertema “Metodologi Penelitian Sosial” diadakan pada 22 Juli 2016 dan diikuti dua belas partisipan selain penerima hibah. Narasumber dalam lokakarya ini adalah Prof. Dr. Rianto Adi dari Fakultas Hukum Unika Atma Jaya dan Dr. Dhevy Setya Wibawa, M.Si. dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

Pada Kamis, 8 Desember 2016 PKBB mengadakan lokakaryaketiga yang bertema “Evaluasi Laporan Hasil Penelitian”. Lokakaryaini kembali menghadirkan Prof. Dr. Rianto Adi dari Fakultas Hukum dan Dr. Dhevy Setya Wibawa, M.Si. dari Fakultas Psikologi sebagai narasumber. Dalam lokakaryaini peneliti dari tim penerima hibah memresentasikan hasil akhir penelitian yang sudah dilaporkan. Presentasi dilanjutkan dengan diskusi bersama para narasumber dan peserta lokakarya.

2016LkkryHbh2016LkkryHbh2016LkkryHbh

WMPS

Dalam rangka mendorong penelitian dan publikasi lintas bidang yang terkait dengan bahasa dan/atau budaya oleh dosen (dan mahasiswa) Unika Atma Jaya, PKBB memberikan Hibah Penelitian Lintas Bidang 2016. Setelah melalui proses seleksi, tiga proposal penelitian dinyatakan layak mendapatkan dana hibah, yaitu:

  • Integrasi Teknologi Tepat Guna pada Sistem Pertanian Adat Kasepuhan Ponggang (Enny Widawati [FT], Lisa Esti Puji Hartanti [FIABIKOM], Rory Anthony Hutagalung [FTb]),
  • Pewarisan Bahasa Minang sebagai Bahasa Ibu  di Kota  Metropolitan Jakarta (Katharina Endriati Sukamto [FPB],  Bambang Kaswanti Purwo [FPB], Eunike Sri Tyas Suci [FP]), dan
  • Perkembangan Penggunaan Istilah-istilah Hukum dalam Akta Otentik yang Dibuat oleh atau di Hadapan Notaris (Feronica [FH], Lidwina Maria [FH], Sri Hapsari Wijayanti [FEB]).

Sebagai upaya mendukung pelaksanaan penelitian, PKBB juga mengadakan tiga pelatihan yang wajib diikuti oleh para penerima hibah. Pelatihan ini juga terbuka untuk dosen dan mahasiswa Unika Atma Jaya. Pelatihan pertama mengenai pengenalan ELAN (EUDICO Linguistic Annotator), sebuah piranti lunak (software) yang dikembangkan oleh the Max Planck Institute for Psycholinguistics, diadakan pada 27 April 2016. Narasumber pelatihan ini adalah Dr. Yanti (PKBB) dan dibantu Yosephine, M.Hum. sebagai fasilitator.

270416a270416b

270416c270416d

Pelatihan_Software_ELAN

Pemenang-Hibah-Penelitian-Lintas-Bidang-PKBB-2016

Hibah Penelitian 2016