ASK
ME

REGISTER
NOW

PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA

3/24/2014 12:00:00 AM

 

Air merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Fakultas Hukum Unika Atma Jaya bekerjasama dengan UNESCO perwakilan Jakarta telah menyelenggarakan kuliah umum dengan topik “Sistem Produksi Energi dan Sistem Pengaturan Air” yang berlangsung di Gedung Yustinus lantai 14, kampus Semanggi Unika Atma Jaya.

 

Hadir sebagai pembicara Prof. Hubert Gijzen (Direktur UNESCO perwakilan Jakarta) dan Prof. Ari (Perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta). Kuliah umum tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV Unika Atma Jaya, Ibu Lina Salim, S.E., M.B.A., M.A., Ph.D., C.P.M. (A). yang memberikan kata sambutan semua pihak harus bijaksana dalam penggunaan air, jangan membuang-buang air untuk hal yang tidak penting.

 

Prof. Ari menyampaikan pengaturan sistem air dan energy di Indonesia memang sangat rumit, mulai dari sistem pengaturan aliran listrik untuk melancarkan proses produksi air yang sedikit hingga pemberian sanksi untuk oknum-oknum yang hanya mau menggunakan air dari PAM namun tidak mau bayar

 

Prof. Hubert Gijzen mengatakan sebenarnya tidak semua sistem pengairan di Indonesia buruk, ada yang sudah baik seperti sistem “Subakh” yang ada di Bali, untuk sistem pengairan yang masih kurang tidak sepenuhnya tanggung jawab pemerintah pusat saja, namun juga tanggung jawab pemerintah daerah seperti gubernur atau jabatan pemerintahan daerah lain serta masyarakat yang ada.

 

Semoga setelah mendengar kuliah umum dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, kita semua dapat lebih bijak dalam menggunakan air, agar tidak terbuang sia-sia.