ASK
ME

REGISTER
NOW

Partnership sebagai salah satu strategi kampanye perubahan perilaku

05/13/2014 00:00:00

Salah satu strategi dalam perencanaan kampanye perubahan perilaku adalah melalui partnership. DY Suharya yang merupakan Partner Relations Specialist dari Company-Community Partnerships for Health in Indonesia (CCPHI) berkenan menjadi dosen tamu di Prodi Komunikasi khususnya mata kuliah Pemasaran Sosial (CMM 202) pada Jumat, 09 Mei 2014. Mbak DY yang memiliki spesialisasi dibidang perubahan perilaku khususnya bidang kesehatan ini menyampaikan materi dengan tema "Building sustainable partnerships to leverage behaviour change communication strategic plans in private sector, NGOs, government and other organizations in Indonesia."

 

 

 

 

 

Menurut Mbak DY, jika sekedar mendapatkan dana dari pihak lain untuk melaksanakan kampanye perubahan perilaku, maka hal tersebut bukanlah partnership. Mantan reporter CNN ini menjelaskan kepada mahasiswa bagaimana membangun partnership dengan berbagai pihak. Keywords dalam membangun partnership adalah contribution- creating shared values. Langkah selanjutnya adalah agar kerjasama dapat berkelanjutan, maka harus berupaya mengembangkan trust, knowledge, & skill.

 

Alumni Ohio State University, Columbus Ohio, USA, juga menjelaskan kensop-konsep dasar dari perubahan perilaku terutama yang berkaitan dengan komunikasi, proses perencanaan kampanye perubahan perilaku termasuk bagaimana mengemas pesan. Mahasiswa sangat antusias mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Salah satunya adalah Friska, mahasiswa Prodi Komunikasi 2012 yang ingin mengentahui bagaimana cara mengukur dampak kampanye perubahan perilaku. Kuliah ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.