ASK
ME

REGISTER
NOW

Grand Opening Program Magister (S2) Teknik Mesin dan Peluncuran Buku

12/13/2013 00:00:00

 

Selasa, 3 Desember 2013 merupakan hari bersejarah untuk Fakultas Teknik Unika Atma Jaya. Tepat di hari tersebut, Fakultas Teknik mengadakan Grand Opening Prodi (Program Studi) Magister Teknik Mesin. Acara ini diadakan di Yustinus lantai 14.

 

Perkuliahan untuk Magister Teknik Mesin akan dimulai pada Semester Genap 2013/2014 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 516/E/O/2013. Prodi Magister Teknik Mesin yang memiliki kekhasan pada kurikulum yang berbasis sustainable engineering dan technopreneurship terdiri dari dua bidang keahlian yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu Teknik Energi dan Teknik Manufaktur.

 

Selain grand opening, acara ini juga bertepatan dengan Peluncuran Buku “Semburan Fluida Berpusar di dalam Ruang Bakar Motor Bakar Torak” karya Prof. Dr. Ir. Wegie Ruslan, MSMath. dan Orasi Ilmiah oleh Prof. Dr. Ir. Prawoto dari BPPT – Puspitek, Serpong yang membawakan materi terkait Effisiensi pembakaran pada motor bakar khususnya tentang GDI (Gasoline Direct Injection).

 

Peluncuran buku tersebut diulasan oleh dua orang pakar bidang Motor Bakar dan Matematika Terapan, yakni Prof. Wiranto Arismunandar (Guru Besar Emeritus Institut Teknologi Bandung –ITB) dan Prof. Dr. IGN. Agung (Guru Besar Universitas Indonesia). Prof. Wiranto membahas tentang kemungkinan pengembangan semburan berpusar yang tidak hanya digunakan pada motor bakar tetapi dapat juga diterapkan  untuk berbagai mesin propulsi dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi thermal. Prof. Dr. IGN. Agung membahas tentang penerapan matematika dalam bidang konversi energi, khususnya motor bakar, terutama pengembangan persamaan-persamaan Navier-Stokes hingga persamaan bilangan pusar atau swirl number equations.

 

Proficiat untuk grand opening Magister Teknik Mesin dan Peluncuran Buku Prof. Dr. Ir. Wegie Ruslan, MSMath.