ASK
ME

REGISTER
NOW

Global Intercultural Project Experience (GIPE) in Eco Spirit Center (ESC) PUSPANITA of Indonesia

11/08/2021 00:00:00

 

Sejak tahun 2020, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya  telah terlibat dalam kerja sama aktif dengan 4 universitas yang berasal dari 4 negara yang berbeda. Kerja sama ini merupakan salah satu pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan pada tataran internasional. Nama program ini adalah Global Intercultural Project Experience (GIPE) yang merupakan program untuk mempertemukan para mahasiswa dari berbagai negara yang berbeda agar dapat secara bersama-sama bekerjasama menyelesaikan masalah konkrit yang dihadapi oleh klien yang ditunjuk.

 

Program ini didanai oleh DAAD (Lembaga Kerjasama Akademik dari Jerman) selama kurun waktu 4 tahun dari tahun 2020-2023. Adapun universitas yang terlibat dalam program ini adalah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Indonesia), Westphalian University of Applied Sciences (Jerman), San Pablo Catholic University  (Peru), dan Namibia University of Science and Technology (Namibia). Mahasiswa dan staf pengajar yang berasal dari keempat universitas tersebut melakukan kegiatan secara Kerjasama dalam proyek nyata  tersebut  memiliki program terstruktur dengan mentor full-time dan  dibimbing oleh pembimbing profesional full-time.  Program memiliki tujuan pembelajaran dan monitoring yang jelas.

 

Pada tahun 2021 ini selama satu semester (April-Juli 2021) sebanyak 32 mahasiswa (termasuk 4 mahsiswa dari Fakultas Teknik) berasal dari 4 universitas dan 4 negara  telah  bekerja secara virtual dalam kelompok/tim untuk memecahkan masalah riil yang dihadapi Eco Spirit Center (ESC) Puspanita di Ciawi Bogor sebagai klien utama  mereka. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini berasal dari berbagai fakultas dan program studi sehingga pendekatan yang dipakai multi dan inter disipliner. Berbagai latar belakang keilmuan dipakai untuk memecahkan masalah konkrit yang dihadapi oleh klien mereka saat ini. Dengan demikian kerja sama yang terjalin tidak hanya bersifat lintas budaya dan negara namun juga lintas bidang keilmuan. Keragaman budaya dan keilmuan yang dimiliki akan memperkaya sudut pandang mahasiswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

 

ESC Puspanita,  sebagai pemegang ijin sebagai laboratorium penelitian holtikultura yang berperan dalam edukasi mengenai lingkungan hidup, lewat projek GIPE 2021 telah  didampingi dalam mengembangkan bisnisnya agar dapat menjangkau pasar wisata edukasi ekologis secara lebih luas, terutama dengan sasaran generasi milenial dengan menciptakan Platform Digital untuk Wisata


Pada tanggal 6 November 2021 dilakukan pemasangan smart farming dan penyerahan sertifikat GIPE.

 

Link Youtube: GIPE 2021