ASK
ME

REGISTER
NOW

Gerakan Bersih Kampus

11/21/2017 00:00:00

 

Di dorong oleh perasaan tidak nyaman saat melihat sampah yang berserakan di lingkungan kampus, beberapa mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FPUAJ) menginisiasi munculnya gerakan bersih kampus “1 Hari 1 Sampah”. Para mahasiswa FPUAJ yang merasa tergerak ini kemudian membentuk Tim Atma Bersih, sebagai wadah dari gerakan bersih kampus ini. Dr. Yohana Ratrin, selaku dosen FPUAJ yang menjadi pendampin Tim Atma Bersih, mengatakan bahwa gerakan ini merupakan contoh nyata intervensi psikologi sosial dalam pemecahan masalah sehari-hari.

 

Gerakan yang diinisiasi di kelas Mata Kuliah Intervensi Sosial ini, mengajak setiap sivitas akademi Unika Atma Jaya diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan kampus. Gerakan 1 Hari 1 Sampah telah dimulai tanggal 6 November 2017. Gerakan ini diharapkan terus berlanjut, sehingga tidak hanya menjadi gerakan sepintas semata. Tim Atma Bersih membuat program bahwa setiap senin diadakan gerakan bersama di gedung BKS, Sport Hall, dan lingkungan Unika Atma Jaya.

 

Ada 3 cara yang ditawarkan oleh Tim Atma Bersih untuk menyukseskan kegiatan ini. Hal tersebut adalah mengajak seluruh sivitas akademi di Unika Atma Jaya untuk :

  • Buang sampah pada tempatnya
  • Mengingatkan membuat sampah di tempatnya
  • Membuang sampah yang tergeletak begitu saja