ASK
ME

REGISTER
NOW

Kerjasama Fakultas Teknik UAJ dan Konsorsium bersama IAIS dalam Bidang Artificial Intellegence

01/25/2022 00:00:00

Pada hari Senin 24 Januari 2022, IAIS (Indonesia Artificial Intelligence Society) menandatangai nota kesepahaman kerjasama dengan konsorsium berbagai universitas di Indonesia termasuk Fakultas Teknik Unika Atma Jaya. Organisasi kecerdasan buatan Indonesia yang anggotanya berasal dari kalangan akademisi, periset, korporasi, bahkan individu ini sepakat mengadakan program kerja sama dengan berbagai pihak. Kerjasama ini meliputi kegiatan promosi universitas dan dosen melalui kegiatan meeting, seminar, pelatihan, dan kursus; link and match antara talenta, industri, dan universitas; pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi; serta penelitian, publikasi, dan bimbingan bersama melalui platform IAIS.

 

 

Ketua IAIS Dr. Ir. Lukas, MAI, CISA, IPM. menyampaikan, bahwa kemajuan teknologi saat ini berasal dari AI yang merupakan bidang ilmu dari cabang ilmu komputer yang memetakan kecerdasan manusia pada mesin. “Perjanjian kerja sama ini sebagai bentuk kesadaran dan keterbukaan bahwa untuk memajukan pengembangan AI tidak bisa dilakukan sendiri. Dalam konsorsium ini, akan ada banyak program yang baik, tentu dengan dukungan dari pihak-pihak yang potensial supaya AI yang dikerjakan berguna bagi masyarakat luas, khususnya untuk pengembangan riset dan kemajuan Indonesia,” terangnya. 

 

“Kerjasama ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana mahasiswa dari universitas anggota konsorsium dan luar dapat magang dan atau berbagi informasi di bidang AI dalam bentuk pelatihan atau pertukaran mahasiswa” ujar Ronald Sukwadi, PhD. Dekan Fakultas Teknik Unika Atma Jaya. Di Fakultas Teknik Unika Atma Jaya sendiri sudah terdapat laboratorium AJAIB (Atma Jaya Artificial Intellegence Base) khusus mengembangkan penelitian dan kerjasama industri di bidang AI ini. Selain itu materi AI juga ditawarkan di prodi-prodi di Fakultas Teknik sebagai mata kuliah wajib. Ia juga berharap, melalui kerjasama dalam konsorsium ini, pihak-pihak terkait bisa berkontribusi dalam bidang AI untuk kemajuan bangsa dan negara.