ASK
ME

REGISTER
NOW

FKIK Unika Atma Jaya Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Mencegah Covid-19 di Pondok Pesantren Al-Muhajirin

4/14/2020 12:00:00 AM

 Suasana Pondok Pesantren Al-Muhajirin

 

Pondok Pesantren Al Muhajirin terletak di Jl. B6 Teluk Gong, RT.7/RW.13, Pejagalan, Jakarta Utara merupakan mitra Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIK UAJ). Beberapa kegiatan telah dilakukan bersama seperti Rainwater Harvesting Educational Trip dengan mengajak siswa SMP (MTs) berkunjung ke SMPN 112 Pejagalan untuk melihat Sistem Pemanenan Air Hujan untuk Air Minum, promosi gizi untuk siswa TK (RA) dan promosi gizi untuk orang tua murid. Kegiatan dilakukan oleh mahasiswa UPMM HACCP/Dabin bersama dengan dokter alumni yang berminat dan dosen FKIK-UAJ.

 

Dengan adanya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pimpinan Ponpes Al Muhajirin dan Tim Dokter Muda IKM-G menyepakati untuk melakukan diskusi tentang Covid-19 dengan peserta siswa anggota OSIS dan PMR tingkat SMP (Madrasah Tsanawiyah/MTs) dan SMA (Madrasah Aliyah/MA).

 

Adapun tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran mengenai Covid-19 yang telah menjadi masalah global dan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai bentuk pencegahannya, dan diharapkan peserta dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekolah, keluarga dan masyarakat umum.

 

Kegiatan diskusi telah dilaksanakan pada hari Rabu 11 Maret 2020 pukul14.00 - 15.30 WIB. Dilakukan pada siang hari agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa dan dokter muda telah selesai melaksanakan tugas di kampus. Kegiatan diikuti oleh 40 orang peserta, didampingi Pengurus OSIS, Bapak Surono. Materi disampaikan oleh lima dokter muda yang sedang menjalankan kepaniteraan di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi FKIK UAJ (Aisyah, Venny, Adi, Resley dan Kezia).

 

 Peserta dikenalkan tentang cara penggunaan masker dan cuci tangan yang baik dan benar

 

Telah dibahas tentang tanda, gejala, dan cara pencegahan Covid-19 melalui pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Materi dipaparkan oleh dua orang dokter muda kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab singkat serta simulasi PHBS.  Agar peserta tetap semangat, acara diselingi dengan kuis berhadiah terkait Covid-19 dan PHBS. Pada umumnya peserta sudah memiliki pengetahuan tentang Covid-19, namun masih ada beberapa informasi yang belum diketahui atau kurang tepat sehingga masih banyak siswa yang panik dalam menghadapi Covid-19. Ternyata hampir semua peserta masih belum mengetahui tentang etika batuk yang benar, penggunaan masker serta cara cuci tangan yang baik dan benar sebagai bentuk pencegahan utama terhadap Covid-19. Simulasi yang dilakukan adalah bagaimana cara menggunakan masker dan mencuci tangan dengan baik dan benar.

 

 

 Peserta dikenalkan tentang cara penggunaan masker dan cuci tangan yang baik dan benar 

 

Untuk mengetahui apakah mereka sudah memahami pesan yang disampaikan, beberapa peserta diminta untuk mendemonstrasikan secara langsung di depan peserta lainnya. Bila ada langkah yang masih belum benar, akan langsung dikoreksi oleh fasilitator.

 

Pada pembahasan COVID-19 dan simulasi PHBS ini, peserta sangat antusias dan aktif mengikuti diskusi sehingga mereka lebih paham mengenai COVID-19 dan PHBS serta menjadi tidak panik daripada sebelumnya, namun tetap waspada.                                                                                    

 

Diskusi tentang PHBS sebagai pencegahan COVID-19 di Pesantren Al-Muhajirin merupakan kegiatan yang indah untuk dikenang, dokter muda diterima dengan sangat baik oleh pihak pesantren khsususnya dukungan dari Bapak Surono.  Sekolah mengharapkan adanya kegiatan-kegiatan lain oleh Unika Atma Jaya yang bermanfaat bagi keluarga besar Al Muhajirin. Tim UPMM HACCP/Dabin akan melanjutkan dengan kegiatan keamanan pangan bagi pedagang makanan jajanan di sekitar sekolah yang telah direncanakan. (LP-FKIK UAJ-April 2020)

 

 Foto bersama Tim Dokter Muda IKM-G dan Peserta siswa anggota OSIS dan PMR tingkat SMP (Madrasah Tsanawiyah/MTs) dan SMA (Madrasah Aliyah/MA)