ASK
ME

REGISTER
NOW

Final Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012 (13-17 Juli 2012)

11/16/2012 12:00:00 AM

 

 

Tak pernah terbayangkan bagi saya, seorang mahasiswi biasa dari Fakultas Teknobiologi di tahun ketiganya bisa menjadi salah satu dari 17 finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012. Dimulai dari mencoba mengikuti ajang Mawapres di tingkat universitas, waktu itu saya hanya memiliki target untuk menjadi salah satu dari 5 besar Mawapres di Atma Jaya dan memenangkan hadiah serta beasiswa untuk semester terakhir saya di Atma Jaya. Ternyata, berkat Allah Bapa di Surga dan dukungan yang sangat besar dari keluarga, teman-teman serta para dosen di FTb, saya memiliki kesempatan yang sangat berharga untuk menjadi finalis Mawapres nasional.

 

Dari 17 mahasiswa dari seluruh Indonesia, saya merupakan salah satu dari 2 mahasiswi dari universitas swasta. Selama 5 hari kami semua dikumpulkan di Yogyakarta dan diuji lebih lanjut hingga batas terbaik kami untuk mencari 3 mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. Tes-tes yang diberikan terbagi menjadi 3, yaitu presentasi karya tulis ilmiah yang telah dipersiapkan sebelumnya, tes kemampuan bahasa Inggris, dan wawancara ko/ekstrakurikuler. Setiap orang memiliki giliran yang berbeda, dan membutuhkan waktu selama 3 hari untuk kami menyelesaikan seluruh tes-tes yang diberikan. Selama 3 hari tersebut, saya merasa sangat tertekan dan stres karena tahu bahwa saingan-saingan saya semua merupakan yang terbaik dari bidang mereka masing-masing, tak hanya secara ilmu tetapi juga secara kepribadian dan prestasinya. Selain itu, harapan dari keluarga, teman-teman, dan universitas juga membebani pikiran saya. Namun, satu hal yang pasti, segala sesuatu yang telah saya usahakan telah saya lakukan dengan semampu saya, dan Tuhan pasti memberikan yang terbaik bagi saya.

 

Seusai 3 hari yang melelahkan tersebut, akhirnya kami bisa bebas dari segala tekanan dan tinggal menunggu pengumuman hasil. Pada malam hari ke-3 kami menerima pengumuman hasil. Saat itu saya sudah tahu bahwa saya tidak mungkin masuk ke urutan 3 besar, teman-teman di sana amatlah sangat berprestasi, way out of my league! Tetapi saya kembali berpikir, bahwa sudah suatu anugerah yang besar dari Tuhan bahwa saya sudah bisa berada bersama 16 mahasiswa terhebat di Indonesia saat itu. Setelah pengumuman, saya langung fokus pada agenda berikutnya: senang-senang di Jogja bersama teman-teman! ^^

 

Sepanjang hari itu (tanggal 16), kami diajak keliling kota, dimulai dari audiensi langsung dengan Sultan Hamengkubuwono X, berkeliling Candi Borobudur dan melihat kerajinan perak di Kota Gede. Malam harinya kami semua berjalan-jalan di Malioboro sambil ngobrol panjang lebar dan karaoke hingga larut malam. Saya tak menyangka bahwa mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi tersebut bisa gila all out ketika diajak bersenang-senang!

 

Keesokan harinya kami semua pulang ke kota asal masing-masing. Dari pengalaman hebat yang telah saya alami saya belajar banyak sekali pengalaman. Saya belajar bahwa begitu banyak orang hebat di luar sana, dan bahwa orang-orang sehebat tersebut juga bisa menjadi teman-teman, bahkan sahabat-sahabat yang terbaik meskipun waktu itu kita hanya punya waktu sangat sedikit untuk mengenal satu sama lain!

 

Pengalaman ini merupakan pengalaman yang sangat tidak terlupakan bagi saya. Bagi teman-teman yang masih bisa ikut Mawapres tahun depan, saya sangat ingin Atma Jaya kembali menempati posisi di tingkat nasional, dan lebih terutama lagi, saya sangat ingin kalian merasakan sensasi betapa senangnya berada di sana bersama teman-teman sepantar yang sangat hebat.
 
 teknobiologi-final-mahasiswa-berprestasi
Foto bersama 17 finalis Mawapres Nasional 2012 di Candi Borobudur

final-mahasiswa-berprestasi2

 Foto bersama 17 finalis Mawapres Nasional 2012 di Candi Borobudur