ASK
ME

REGISTER
NOW

Festival Air 2017

3/25/2017 12:00:00 AM

   

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 22 Maret, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang di motori oleh Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menyelenggarakan Festival Air 2017 dengan tema Air Bersih untuk Semua. Kegiatan dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 23 dan 24 Maret 2017. Peringatan Hari Air Sedunia ini dilakukan dalam 3 bentuk bentuk kegiatan, yaitu  Pameran Pengelolaan Air Bersih, Diskusi Buku Memanen Air Hujan karangan FG Winarno, dan Lomba.

 

Pameran Pengelolaan Air Bersih.

Pameran dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 23-24 Maret 2017 di Hall B. Pameran diikuti oleh Fakultas Tekno Biologi dengan pertanian lahan sempit, hidroponik, Fakultas Teknik dengan pompa hidran, Komunitas H2OB (H2O Bekasi) dengan proses ionisasi air hujan, Fakultas Kedokteran dengan maket RWH dan property capacity building program.

   

Diskusi Buku.

Diselenggarakan pada 23 Maret 2017 di Aula D. Dihadiri oleh 52 orang peserta. Buku Memanen Air Hujan karangan Prof Winarno ini menarik untuk dikupas, karena mengangkat pemanfaatan air hujan untuk pemenuhan air bersih. Hal ini sudah dipraktekkan di banyak daerah, namun belum menjadi gerakan yang masif. Pembicara dalam diskusi buku ini. Hadir sebagai pembahas Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Bapak Ir. Mochammad Natsir, M.Sc. yang diwakili oleh Ibu Zikra.

 

Lomba-Lomba.

Lomba Foto Instagram

Lomba ini bertemakan Semua Tentang Hujan. Mengajak anak muda untuk menghargai dan mengenal hujan. Apa manfaat dari hujan, termasuk sisi-sisi artisitik dari turunnya hujan. Lomba dilakukan lewat instagram.

 

Lomba Video

Bertemakan air bersih. Mengajak anak muda membuat video pendek, maksimal 3 menit tentang air bersih di sekitarnya. Mulai dari soal konservasi air sampai dengan bagaimana pemanfaatan air bersih. Lomba diadakan dengan menggunakan platform youtube, dan penguman pemenang akan dilakukan di hari terakhir festival 24 Maret 2017

 

Lomba Artikel

Tema Manfaat Air Hujan. Pada lomba ini mengajak anak muda untuk memikirkan apa saja manfaat dari air hujan. Mulai dari manfaat ekologis sampai untuk penyediaan air beesih dari hujan. Artikel dikirimkan ke email panitia dan diunggah di Kompasiana.  Pengumuman pemenang pada 24 Maret 2017

 

Total peserta lomba ada 155 yang datang dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan NTT.

   

(Laban Eka Jaya/PPM)