ASK
ME

REGISTER
NOW

Adaptive Rear Wing pada Model Miniatur Mobil berbasis Sistem Fuzzy

01/26/2012 00:00:00
Penulis/Peneliti : Alvin Pranata, M.M. Lanny W. Pandjaitan

 

Bidang Penelitian : Elektronika

 

Jurnal : Elektro

 

Volume : 4, No. 2

 

Tahun : 2011

 

Masalah aerodinamika pada kendaraan khususnya mobil balap selalu menjadi penghambat pengemudi memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Stabilitas kendaraan akan berkurang karena hilangnya daya cengkeram ban mobil terhadap permukaan jalan yang disebabkan oleh gaya angkat yang bekerja pada seluruh permukaan mobil. Dengan menambahkan sayap belakang (rear wing) pada bagian belakang mobil, dapat dihasilkan gaya tekan (downforce) sehingga dapat mengurangi gaya angkat yang terjadi. Pada kenyataannya dengan kecepatan mobil yang tinggi, pemasangan sayap ini seakan-akan tidak berfungsi karena terdapat nilai batas gaya tekan maksimum yang dapat dihasilkan. Dengan mengatur sudut datang angin terhadap sayap, gaya tekan yang dihasilkan dapat diperoleh sesuai kebutuhan tanpa harus dibatasi oleh gaya tekan maksimum yang terjadi. Makalah ini akan menjelaskan bagaimana suatu pengaruh sayap belakang adaptif yang dipasangkan pada model miniatur mobil berskala 1:10. Sudut sayap akan diatur secara otomatis oleh mikrokontroler dengan sistem kontrol menggunakan logika fuzzy untuk menghasilkan gaya tekan yang optimal bagi kendaraan. Simulasi kecepatan model mobil berskala 1:10 yang melaju di jalan dilakukan dengan meletakkan model di dalam terowongan angin (wind tunnel). Dari pengujian pengaturan sudut sayap, menunjukkan bahwa semakin besar sudut datang angin terhadap permukaan sayap, semakin besar gaya tekan (downforce) dihasilkan.