ASK
ME

REGISTER
NOW

Bangun Rainwater Harvesting Mini di Penjaringan, Jakarta Utara

7/29/2016 12:00:00 AM

 

Ahok sedang mengamati miniatur sistem penyaringan sederhana RWH Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya

 

 

Jakarta, 29 Juli 2016 – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ‘Penjaringan Indah’ (RPTRA-PI) di RW 16 Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis (23/6) lalu. Di dalam RPTRA –PI inilah, tim Rainwater Harvesting (RWH) Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya membuat Sistem Pemanenan Air Hujan Skala Kecil (Mini RWH) di salah satu bak yang ada. Tujuannya untuk menampung air hujan yang telah melalui sistem penyaringan. Sehingga, dapat digunakan sebagai sumber air bersih di RPTRA-PI, karena air tanah di Penjaringan yang kurang baik.

 

“Saya merasa sayang melihat ada kolam dengan bahan dinding kedap air, ukuran 3x4 m tinggi 1 m, yang terdiri dari 2 bak diisi untuk kolam ikan lele. Maka, saya dan tim RWH mengusulkan kepada pengembang untuk dibuatkan mini RWH,” ungkap Liling Pudjilesatari, ketua tim RWH.

 

Dengan dukungan dari Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB), dan pengembang dari PT Grogol Indah, maka dibangunlah mini RWH di salah salah satu bak.

 

Saat peresmian, PT Grogol Indah membuat sebuah miniatur sistem penyaringan sederhana yang memperlihatkan bagaimana air tanah yang keruh disaring menggunakan filter yang terdiri dari ijuk, arang aktif dengan iodine value 900, zeolite dan ditambahkan membran geotekstil. Sehingga, menghasilkan air yang jernih.

 

“Semoga kerjasama Atma Jaya dengan masyarakat Penjaringan dengan dukungan PT Grogol Indah dapat dilakukan di RPTRA Penjaringan Indah tidak hanya dengan mini RWH, tetapi juga melalui berbagai kegiatan seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Lansia yang telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Atma Jaya di Rusunawa RW 06 Kelurahan Penjaringan, dan tentunya kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Liling. (LE, LP)

 

 

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya dengan miniatur sistem penyaringan.