ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Basic Life Support (BLS) bagi Masyarakat Lingkungan Petrus Kanisius, Kampung Sawah



FKIK Unika Atma Jaya bekerjasama dengan Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan Inovasi Teknologi Pembelajaran (ITP) Unika Atma Jaya mengadakan Pelatihan Basic Life Support (BLS) bagi Masyarakat Lingkungan Petrus Kanisius, Kampung Sawah.


Acara diadakan pada hari Minggu, 28 Mei 2023 di Kampus FKIK Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dengan total peserta sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 21 orang perempuan dan 10 laki-laki. Mereka antara lain 6 orang anggota tim kesehatan Petrus Kanisius, 7 orang remaja dan sisanya ibu rumah tangga dan karyawan swasta. Acara berlangsung pukul 08.30 - 14.00 WIB.


Kegiatan diawali dengan registrasi peserta dan pemberian kenang-kenangan. Acara dilakukan di Ruang Kuliah D.109, dibuka dengan kata sambutan oleh Ketua Pelaksana, Perwakilan Petrus Kanisius dan Kepala Departemen IKM-G FKIK Atma Jaya (daring).







Peserta kemudian melakukan Kunjungan ke Museum Anatomi FKIK UAJ. Dijelaskan mengenai organ-organ manusia di berbagai sistem seperti pernafasan, pencernaan, muskuloskeletal, kardiovaskular dsb oleh 3 Dosen Departeman Anatomi. Kemudian peserta kembali ke ruangan untuk istirahat.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi penanganan tersedak dan tenggelam. Disampaikan langkah-langkah penanganan orang dalam kondisi tersedak menggunakan manuver heimlich, selain itu juga mengenai langkah-langkah penanganan tenggelam dan Basic Life Support. Peserta diberikan kesempatan untuk mendalami langkah-langkah penanganan korban henti jantung dan cara melakukan resusitasi jantung paru dan simulasi Resusitasi Jantung Paru menggunakan Manekin dalam 3 kelompok kecil yang dipandu dan dibimbing oleh 2 sampai 3 orang dari Tim Atma Jaya.


Acara ditutup dengan makan siang bersama, sesi kesan pesan dan ditutup dengan foto bersama dan doa penutup.