ASK
ME

REGISTER
NOW

The Global Indonesian Network : Ensuring Sustainability in Organizational Transformation

5/13/2013 12:00:00 AM

GI-Net
Selasa 7 Mei 2013,
Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya dan Tjitra & Associates kembali mengadakan serial diskusi Global Indonesian Network*. Kali ini mengusung tema Ensuring Sustainability in Organizational Transformation. Diskusi yang berlangsung di Sekolah Pascasarjana Unika Atma Jaya ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Prof. Dr Hora Tjitra (Direktur Tjitra Consulting, Associate Professor dari Zhejiang University) dan Y.W. Junardy (Presiden Komisioner Rajawali Group). Disukusi ini dihadiri oleh 22 partisipan, baik dari kalangan profesional maupun akademik yang kali ini bernuansa internasional karena dihadiri oleh tiga partisipan dari luar negeri. Tiga partisipan tersebut staf pengajar dari Wesminster University, London, UK, konsultan dari Tjitra Management, China, dan senior manajer dari Inspiro Indonesia. Selain itu, para partisipan juga datang dari kalangan direksi dan senior manajer, antara lain dari Adaro, Navigat Energy, Mabua Harley Davidson, Panorama Tour & Travel, MRA Group, DHL Global Company, Saratoga Investama, Orang Tua Group.

 

Prof. Tjitra membuka diskusi dengan data dan fakta mengenai perubahan organisasi. Pada masa kini, perubahan organisasi sudah tidak dapat ditawar lagi dan menjadi inti dari pengelolaan organisasi itu sendiri. Perusahaan yang unggul adalah yang berhasil mengelola perubahan. Konsep STAR Framework (Start-Up, Turn Around, Accelerated Growth, Realignment and Retaining Success) adalah konsep yang membantu para pemimpin perusahaan untuk menerapkan jenis dan strategi perubahan organisasi sesuai tujuan perubahan dan level organisasi yang dipimpinnya. Berdasarkan pengalaman konsultasi organisasinya, Prof. Tjitra juga menjelaskan fungsi kunci manajemen dalam pengelolaan organisasi.

 

Konsep dan pengalaman konsulitasi di perusahaan dari Prof. Tjitra dilanjutkan dengan wawasan perubahan yang lebih luas dari Bapak Junardy. Pak Junardy membawa partisipan untuk berpikir ke arah perubahan besar di dunia global, mencakup perubahan perilaku dan lingkungan hidup yang kesemuanya membawa pada kesejahteraan umat manusia. Kalangan bisnis dan perusahaan berperan besar bahkan merupakan penentu keberhasilan bagi langkah perubahan ini ke masa yang akan datang.

 

Pada bagian diskusi, peserta menyampaikan kekaguman dari penyajian materi kedua pembicara yang menginspirasi mereka. Tidak hanya dalam langkah perubahan di perusahan masing-masing, tetapi juga dalam berkontribusi untuk program-program perubahan manusia ke arah yang lebih baik.

 

*The Global Indonesian Network: a series of dialogue between academic research and corporate practices, hosted by the Faculty of Psychology Atma Jaya Catholic University of Indonesia and Tjitra & Associates, with our strategic partners, among others are: Zhejiang University, Kontak KMKI, Radio Brava and PortalHR. Our aim is to promote a closer academic-practices dialogue and to establish a common learning platform where theory meets reality. 

 

GI-Net-10

 

Para Pembicara Prof. Dr Hora Tjitra dan Y.W. Junardy

 

GI Net-10
Para peserta

 

Laporan : Dr.phil. Hana Panggabean

Foto        : Nina (M&PR)