ASK
ME

REGISTER
NOW

Dr. Lukas, ST, MAI, CISA: Keynote Speaker ICOCOE 2015 di Phuket, Thailand

06/22/2015 00:00:00

btnhomebtntentangbtnkurikulumbtnfasilitasbtnkegiatanbtndosenbtnjurnalbtnprofalumnibtnartikel

 

Dr. Lukas, dosen senior Teknik Elektro, Unika Atma Jaya mendapat kehormatan untuk menyampaikan paparan sebagai keynote speaker pada 2nd International Conference on Communication and Computer Engineering (ICOCOE). Konferensi tahunan kedua yang diselenggarakan oleh Malaysia Technical Scientist Association kali ini diadakan di Phuket, Thailand pada tanggal 9-11 Juni 2015.

 
 
Dr. Lukas, ST, MAI, CISA mempresentasikan hasil penelitiannya dengan judul "Smart City Security: Risks and Challenges". Smart City atau Kota Cerdas merupakan istilah untuk menyatakan kota digital atau kota yang serba terhubung melalui internet, pita lebar (broadband), nirkabel (wireless) serta merupakan konsep digital untuk kota masa depan. Untuk setiap manfaat baru, muncul pula tantangannya. Sebagai contoh, kerusakan sensor atau kegagalan perangkat keras, data yang tidak lengkap, perangkat lunak yang terhenti (crashed) dapat menyebabkan analisis yang tidak akurat. Semuanya ini dapat mencegah akses penggunaan utilitas (misal air, listrik, telekomunikasi) ataupun menjangkau layanan darurat (ambulans, polisi, kebakaran). Ancaman hacking, system crash ataupun kebocoran data (data leaks) dapat mengganggu privasi masyarakat, membuka data sensitif pemerintah hingga mengacaukan sebuah kota atau negara. Lalu, apakah resiko dan tantangan kita sebagai engineer dan ahli komputer?
 
Presentasi ini menarik minat seluruh peserta, hingga berlanjut pada diskusi di luar sesi seminar. Peserta dari India, Thailand, Malaysia, misalnya bahkan berminat untuk melihat peluang kerjasama penelitian lebih lanjut dengan kita.
 
website terkait: www.icocoe.com