ASK
ME

REGISTER
NOW

Eksplorasi Keberadaan Diri Sendiri dan Pengenalan Makanan & Minuman Sehat Bergizi pada Siswa Paud Asy-Syakira, Desa Pantai Harapan Jaya, Bekasi

10/21/2015 12:00:00 AM

Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bekerjasama dengan dosen-dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Pengajaran dan Bahasa, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknobiologi mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Eksplorasi Keberadaan Diri Sendiri dan Pengenalan Makanan & Minuman Sehat Bergizi pada Siswa Paud Asy-Syakira, Desa Pantai Harapan Jaya, Bekasi. Kegiatan diadakan selama 4 kali pertemuan, yaitu pada tanggal 10, 22, 24 Agustus 2015, dan 19 Oktober 2015.

   

Pertemuan ke I tanggal 10 Agustus 2015. Kegiatan dengan tema “Panca Indra” difasilitasi oleh dosen Fakultas Pengajaran dan Bahasa Clara Ika Sari Budhayanti, S.S., M.Hum., dengan dibantu oleh 2 orang mahasiswa FPB. Siswa-siswi Paud Asy-syakira diperkenalkan fungsi dari panca  indra dalam suasana bermain melalui gerak dan lagu, membuat sarapan roti sendiri, dan bermain dengan cetakan lilin.

   

Pertemuan ke II tanggal 22 Agustus 2015. Kegiatan dengan tema “Makanan Sehat”  difasilitasi oleh dosen Fakultas Kedokteran dr. Evelyn Loanda, M.Biomed., dengan dibantu oleh 2 orang mahasiswa FK. Siswa-siswi Paud Asy-syakira diperkenalkan makanan sehat dan bergizi, dan budaya perilaku hidup bersih dan sehat melalui cerita panggung boneka, dan piramida makanan. Kegiatan lainnya berupa menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan. Sebelum makan bersama, Siswa-siswi Paud Asy-syakira dibiasakan untuk mencuci tangan dengan sabun.

   

Pertemuan ke III tanggal 24 Agustus 2015. Kegiatan dengan tema “Minuman Sehat”  difasilitasi oleh dosen Fakultas Teknobiologi  Dr. Tati Barus, dengan dibantu oleh 2 orang mahasiswa FTb. Khusus untuk tema “Minuman Sehat”, selain siswa-siswi Paud Asy-syakira juga melibatkan para orang tua diperkenalkan salah satu contoh minuman sehat seperti cincau hijau. Saat kegiatan dijelaskan cara membuat minuman cincau hijau, kemudian minuman cincau hijau yang sudah jadi diminum  bersama siswa-siswi Paud Asy-syakira. Kegiatan ditutup dengan penyerahan  4 pot pohon cincau, beberapa buku bacaan anak, dan beberapa alat permainan.   

   

Pertemuan ke IV tanggal 19 Oktober 2015. Kegiatan dengan tema “Profesi”  difasilitasi oleh dosen Fakultas Teknik Ir. Sandra Oktaviani, M.T., dengan dibantu oleh 2 orang mahasiswa FPB. Materi ‘profesi” disampaikan melalui cerita, gerak dan lagu dengan media penayangan lcd. Setelah itu siswa-siswi Paud Asy-syakira diperkenalkan materi “listrik” salah satu contohnya senter dan baterai, dan kemudian mengerjakan lembar kerja siswa (lks). Kegiatan ditutup dengan penyerahan 10 buah puzzle, 2 boks buah plastik potong, dan 3 buah boneka tangan sumbangan dari dompet dhuafa.

(Laban Eka Jaya/PPM)