ASK
ME

REGISTER
NOW

Ecological Trip Mahasiswa FTb Unika Atma Jaya 2014

6/26/2014 12:00:00 AM

 

Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan kelestarian alam khususnya ekosistem bahari, mahasiswa Fakultas Teknobiologi (FTb) Unika Atma Jaya angkatan 2012 yang pada semester 4 mengambil mata kuliah Ekologi Dasar yang diampu oleh Dr. Ir. Rory Anthony Hutagalung, DEA melakukan tindakan konservasi terumbu karang dan pohon bakau, serta mengunjungi penangkaran penyu dan hiu yang bertempat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada tanggal 26-27 Mei 2014. Isu mengenai kerusakan lingkungan telah lama menggugah berbagai kalangan untuk mulai melestarikan lingkungan. Namun di luar lingkungan perkotaan, terdapat berbagai perusakan lingkungan yang dilakukan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Mulai dari perburuan ikan hiu untuk dijadikan santapan berkhasiat, pembunuhan penyu laut dan pengambilan telurnya sebagai bahan pangan, penebangan pohon untuk perluasan lahan, sampai pencurian terumbu karang demi keuntungan pribadi semata. Terkadang hal-hal seperti ini luput dari perhatian masyarakat luas karena jauh dari hiruk-pikuk kehidupan mereka sehari-hari.

 

Bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk., kami mengikuti serangkaian kegiatan yang dimulai dengan snorkeling untuk melihat keindahan kehidupan bawah laut, khususnya ekosistem terumbu karang. Terumbu karang yang hidup berdampingan dengan berbagai jenis hewan laut membentuk ekosistem alam yang sungguh membangkitkan kembali rasa cinta dan peduli terhadap keindahan alam nan asri. Selanjutnya, kami menuju lokasi penangkaran ikan hiu. Beberapa spesies ikan hiu mulai terancam punah akibat pemburuan secara liar. Ikan hiu memiliki peran penting dalam menyeimbangkan kehidupan perairan sehingga kehadirannya patut dijaga dan diperhatikan.

 

Keesokan harinya, kami memperoleh informasi singkat mengenai beberapa jenis terumbu karang, latar belakang konservasi, dan cara menumbuhkan terumbu karang dalam media buatan. Konservasi terumbu karang yang ada di Pulau Pramuka ternyata merupakan salah satu gagasan dan tindakan nyata dari dosen ekologi kami. Beliau merupakan dosen pengampu mata kuliah Ekologi, Biologi, Biostatistika, dan Bahasa Perancis di FTb. Dalam berbagai kesempatan, beliau mengungkapkan keprihatinannya terhadap hilangnya hutan bakau di daerah pesisir Jakarta. Tanaman bakau sangat berperan dalan mencegah abrasi pantai dengan memecah ombak dan merupakan tempat tinggal kepiting bakau. Selain itu, kami juga berkesempatan mengunjungi pusat konservasi penyu sisik dan penyu hijau yang jumlahnya mulai berkurang di lautan bebas.

 

Tak mau kalah, kami sebagai generasi muda tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Maka sebagai aksi nyata dalam usaha pelestarian lingkungan, kami bersama dengan PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. mentransplantasi 78 buah terumbu karang yang beraneka ragam. Terumbu karang tersebut akan ditanam selama beberapa bulan pada kedalaman air kurang dari satu meter dan selanjutnya akan ditanam kembali di laut yang lebih dalam. Selain itu, 100 buah pohon bakau juga kami tanam di pesisir Pulau Pramuka sebagai bentuk kepedulian kami terhadap hutan bakau di daerah Jakarta yang mulai berkurang.

 

Serangkaian kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menambah wawasan mengenai keindahan alam sekitar kita dan melakukan proses pelestarian lingkungan secara tepat dan berguna. Selain itu, kegiatan ini juga membantu kami mengaplikasikan materi yang telah kami pelajari pada mata kuliah Ekologi Dasar dan merasakan bagaimana dampak positif yang diberikan kepada diri kami sendiri dan juga lingkungan.

 

Natalis Santika Arya Pambyasta

2012-080-029