ASK
ME

REGISTER
NOW

Pelatihan Pengembangan Produk Pendukung Pariwisata dan Penyerahan Alat/Mesin Produksi di Desa/Pekon Waringinsari Timur, Kabupaten Pringsewu (PkM Mandiri) Pengabdian Masyarakat FIABIKOM


   

Sebagai rangkaian kelanjutan program PkM di desa/pekon Waringinsari Timur bekerjasama dengan Disporapar Kabupaten Pringsewu, pada tanggal 17 Maret 2023 dilaksanakan Pelatihan Pengembangan Produksi Pendukung Pariwisata dan Penyerahan 4 macam mesin produksi. Mesin yang dihibahkan oleh tim FTI Universitas Trisakti yaitu (1) mesin pemecah kelapa, (2) mesin penetas telur unggas, (3) mesin pembuat pelet pakan ikan dan unggas 2 unit dan (4) mesin bubut kayu untuk mebel dan kerajinan.


Foto 1 mahasiswi Fiabikom Unika Atma Jaya sedang menjelaskan pentingnya pengembangan produk pendukung dalam pengembangan destinasi pariwisata di kabupaten Pringsewu dan khususnya di desa/pekon Waringinsari Timur. Foto 2 penjelasan beberapa alat/mesin sebagai sarana produksi pendukung pengembangan destinasi pariwisata.



   

Secara simbolis mesin-mesin tersebut diserahkan kepada Kepala Pekon/Desa ibu Eni Nurhayati (foto 3). Foto 4 penyerahan cinderamata dari Tim Fiabikom Unika Atma Jaya diwakili oleh bapak Alfonso. Setelah acara pelatihan dan penjelasan 4 alat/mesin selesai seluruh tim diajak berkunjung ke lokasi tempat pengolahan sampah yang berjarak sekitar 500 meter dari kantor Kepala Pekon.

Dalam kesempatan ini diinformasikan oleh ibu Kepala Pekon/Desa Waringinsari Timur bahwa desanya terpilih sebagai salah satu desa/pekon yang mendapat hibah paket sarana pengolahan limbah/sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu. Paket tersebut antara lain berupa bangunan/gedung pengolahan sampah, 2 unit kendaraan pengangkut sampah, mesin pencacah limbah, alat penyaring/ayakan kompos, tong sampah dan lain-lain (foto 5 dan 6). Permasalahannya selama ini masyarakat belum memiliki kebiasaan memilah sampah. Selain itu juga belum punya pengalaman mengelola sampah.

Oleh karena itu ibu Kepala Pekon/desa sangat berharap ada tenaga/ahli dari Unika Atma Jaya dan Universitas Trisakti yang dapat membantu memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk memilah dan mengumpulkan sampah serta pelatihan pengolahan dan pengelolaan sampah terutama untuk dijadikan pupuk kompos sebagai pendukung pemenuhan kebutuhan pupuk masyarakat. 99% warga masyarakat desa/pekon Waringinsari Timur berprofesi sebagai petani S(ladang dan sawah) dan peternak (ikan, unggas, sapi dan kambing).

Dalam kesempatan ini kami mengundang Ibu dan Bapak sekalian yang tertarik untuk melaksanakan kegiatan pengabdian atau penelitian terkait persoalan tersebut di atas untuk bergabung dengan Tim PkM Fiabikom dan FTI Universitas Trisakti (hubungi Suharsono-08129050329-wa)