ASK
ME

REGISTER
NOW

Dosen Fakultas Teknobiologi Menangkan Hayati Award 2009 dan Hibah Penelitian Toray Science Foundation

2/12/2010 12:00:00 AM


Dosen Fakultas Teknobiologi (FTb) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) kembali memenangkan Hayati Award dan Hibah Penelitian Iptek Toray Science Foundation.

 
Dr. Yanti, dosen FTb yang baru-baru ini mendapat kepercayaan menjadi Wakil Dekan Bidang Akademik, berhasil menjadi pemenang pertama 2nd Hayati Award yang diselenggarakan oleh Hayati Journal of Bioscience, salah satu jurnal ilmiah terkemuka dalam bidang biologi di Indonesia. Naskah laporan penelitiannya yang berjudul "Inhibition of urokinase-type plasminogen activator expression by macelignan in Porphyromonas gingivalis supernatant-induced human oral epithelial cells" berhasil mendapatkan skor tertinggi (335,8 dari 400) di antara semua naskah lain setelah melalui proses peer review oleh para ahli di bidang terkait. Dengan demikian ia berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 2.000.000 dan naskahnya diterbitkan di jurnal tersebut. Sebelum ini, seorang dosen FTb lainnya juga memenangkan Hayati Award periode sebelumnya, yaitu Listya Utami Karmawan, S.Si., M.Si.

 

Demikian pula, Hibah Penelitian Iptek Toray Science Foundation yang tahun lalu berhasil diperoleh salah satu dosen FTb, Susan Soka, M.Sc., kali ini diperoleh Yanti. Proposal penelitiannya yang berjudul "Efek Berbagai Ekstrak Tanaman Zingiberaceae Indonesia terhadap Inhibisi Ekspresi Matriks Metaloproteinase-9 dalam Sel Otot Halus Vaskular yang Diinduksi oleh Produk Periodontopatogen secara In Vitro: Terapeutik Potensial dalam Penyakit Vaskular" bersama 18 proposal lainnya berhasil menyisihkan 104 usulan penelitian dari seluruh Indonesia. Dengan demikian, ia berhasil mendapatkan hibah dana penelitian sebesar Rp 42.500.000 dari Toray Science Foundation, Jepang. Hibah tersebut diberikan secara simbolis pada upacara penyerahan yang diselenggarakan Kamis (11/2) lalu di Hotel Shangri-La, Jakarta.

 

Pada hari sebelumnya juga telah dilaksanakan seminar ilmiah sebagai kesempatan bagi penerima hibah tahun sebelumnya melaporkan hasil penelitiannya. Susan Soka menyajikan hasil penelitiannya dengan baik dan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu penyaji terbaik di seminar tersebut. Penghargaan penyaji terbaik itu juga diberikan pada upacara penyerahan pada hari Kamis dan ia berhak menerima hadiah berupa uang sebesar Rp 4.000.000.

 

Selamat kepada Ibu Yanti dan Ibu Susan!